Wujubkan Pola Hidup Sehat, Satgas TMMD Ke-110 Melakukan Pembuatan Jamban

Wujubkan Pola Hidup Sehat, Satgas TMMD Ke-110 Melakukan Pembuatan Jamban
Wujubkan Pola Hidup Sehat, Satgas TMMD Ke-110 Melakukan Pembuatan Jamban

Kuala Kapuas, Aceh Bisnis - Guna mewujudkan pola hidup sehat masyarakat, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 Kodim 1011/Klk, melaksanakan kegiatan karya bhakti pembuatan jamban di Desa Saka Lagum, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten  Kapuas.

"Selain untuk merubah kebiasaan warga yang kurang baik dengan membuang kotoran di aliran sungai, pembuatan jamban juga bertujuan untuk menjaga air sungai tetap bersih dan tidak tercemar oleh limbah kotoran manusia, sehingga air sungai dapat dimanfaatkan untuk kepentingan lain seperti untuk mandi, mencuci dan lainnya," kata Kapenrem 102/Pjg Mayor Inf Mukalil, Selasa (23/03/2021).

Selain membuat jamban untuk warga, kata dia, personel Satgas TMMD juga memberikan edukasi tentang cara hidup sehat kepada warga, serta menyampaikan tentang bahaya membuang air besar sembarangan.

Sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti diare, gatal-gatal, muntaber dan penyakit lainnya.

"Dengan adanya jambanisasi untuk masyarakat di harapkan mampu menekan penyakit yang disebabkan oleh air yang kurang bersih," katanya.

Burhan, salah satu warga Desa Saka Lagum mengycapkan terima kasih kepada Satgas TDMD yang telah membangun jamban di tempat mereka.

"Saya atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan  terimakasih kepada TNI AD yang telah membuatkan jamban yang memenuhi standart kesehatan buat keluarga kami, sehingga kami dan keluarga tidak susah-susah lagi membuang air besar kesungai lagi," ucapnya.

Sementara itu , Kapala Desa Saka Lagum, Zulkifli menyampaikan atas nama warga Desa Lagum juga mengucapkan terimakasih kepada TNI AD, khususnya  Kodim 1011/Klk yang telah melaksanakan  kegiatan TMMD di desa mereka.

"Kegiatan yang dikerjakan oleh Satgas TMMD sangat bermanfaat buat warga kami, di antaranya pembuatan jamban yang dilakukan oleh Satgas mampu merubah kebiasaan  warga membuang kotoran di aliran sungai beralih membuang kotoran ke jamban yang memenuhi standart kesehatan," ungkapnya.()