Website Pendaftaran Kartu Prakerja Error

Website Pendaftaran Kartu Prakerja Error
Ilustrasi. Website pendaftaran kartu prakerja error saat pendaftaran hari pertama. (CNNIndonesia/Safir Makki).

Jakarta, Acehbisnis.com - Laman website pendaftaran kartu prakerja yakni www.prakerja.go.id mengalami kesalahan teknis alias error ketika diakses. Sedianya, pendaftaran kartu prakerja dimulai pada Kamis (9/4), namun diundur menjadi Sabtu (11/4).

CNNIndonesia.com mencoba mengakses lama www.prakerja.go.id pada pukul 14.00 WIB. Namun, yang muncul justru keterangan Error 502 Bad gateway. Sebelumnya, pada pukul 13.00 laman tersebut masih dapat diakses.

Akan tetapi, website tersebut baru menampilkan tab tentang kami yang berisi informasi tentang kartu prakerja serta tab blog yang berisi tautan tips terkait pekerjaan. Pada website tersebut belum ditemukan kolom pendaftaran.

Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky menjelaskan mundurnya pembukaan pendaftaran lantaran pihaknya masih perlu memastikan persiapan teknis situs tersebut. Pemerintah juga mempersiapkan langkah mitigasi apabila terjadi kendala-kendala teknis pada saat pendaftaran dimulai.

"Kami tidak ingin nantinya ada pendaftar yang kecewa karena kendala teknis,"ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Kamis (9/4).

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan sehingga memudahkan saat mendaftar nantinya. Kendati terdapat perubahan tanggal, ia memastikan jadwal pendaftaran masih sesuai dengan rencana awal yaitu situs akan beroperasi secara menyeluruh pada minggu kedua April.

"Seperti data diri, NIK, nomor handphone, email, dan sebagainya agar dapat sukses mendaftar di situs resmi tanggal 11 April nanti," ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah akan menyalurkan kartu prakerja kepada 5,6 juta orang terdampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) serta pekerja informal yang pendapatannya tertekan selama pandemi corona. Dengan demikian, maka kuota pendaftaran melalui laman prakerja.go.id menampung 164 ribu pendaftar tiap minggunya.

Sumber:Cnn indonesia