Waspada Virus Corona, Warga Diimbau Jaga Pola Kesehatan Ternak

Waspada Virus Corona, Warga Diimbau Jaga Pola Kesehatan Ternak
Ket foto: Petugas DPPKP Kota Banda Aceh memebrikan contoh pakaian APD (Alat Pelindung Diri) saat kotak fisik dengan hewan peliharaan. Banda Aceh

Banda Aceh - Kepala Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Banda Aceh Zulkifli Syahbuddin, menghimbau kepada masyarakat menjaga pola penanganan kesehatan ternak unggas dan hewan ternak lainnya termasuk hewan kesayangan dan satwa liar, sesuai dengan prosedur keseharan hewan

Hal itu disampaikannya melalui Kepala Bidang Pertanian dan Peternakan drh Bachtiar yang didampingin oleh Kasi Peternakan drh Zulfadhly, terkait dengan ancaman penyebaran wabah novel coronavirus yang sedang menjadi perbincangan dunia.

"Kami dari dinas peternakan Kota Banda Aceh menyampaikan kepada masyarakat untuk mengantisipasi pola penanganan kesehatan ternak unggas dan hewan ternak lainnya termasuk hewan kesayangan dan satwa liar, sesuai dengan prosedur keseharan hewan serta menjaga kebersihan. Jika ada yang mengalami gejala sakit, dapat langsung ke dokter atau puskesmas terdekat ,"jelas Bachtiar, Selasa (4/2/2020)

DPPKP akan membentuk tim respon cepat untuk kasus dilapangan yang berhubungan dengan adanya hewan yang sakit atau mati mendadak, DPPKP akan segera menanggapi.

"Kita akan membentuk tim respon cepat, jika ada kasus dilapangan yang berhubungan dengan hewan akan segera kita tanggapi, apakah masyarakat yang ke sini (DPPKP) atau kita yang ke lokasi," katanya.

Selain itu, Kasi Peternakan, drh Zulfadlhly juga menyampaikan agar masyarakat tidak mengkonsumsi daging dalam keadaan mentah.

"Untuk saat ini dinas hanya bisa menghimbau kepada masyarakat yang mengkonsumsi daging agar tidak memakan daging yang mentah, harus benar-benar dimasak, meskipun sampai hari ini belum ada indikasi yang suspek di Kota Banda Aceh,"jelasnya.

Kepada masyarakat yang berisiko tinggi agar memperhatikan hygiene personal (menerapkan pola hidup bersih dan sehat), dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan sangat disarankan untuk memakai APD (Alat Pelindung Diri) setiap kali kontak dengan hewan dan produknya serta menjaga daya tahan tubuh dengan gizi, olah raga dan istirahat yang cukup.()