Warga Langsa Saksikan Gerhana Bulan pada Pukul 18:38

Warga Langsa Saksikan Gerhana Bulan pada Pukul 18:38
Ilustrasi.(Istimewa)

Langsa, Aceh Bisnis - Pusat Studi Ilmu Falak (Puskif) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa memantau fenomena gerhana bulan supermoon.

Kepala Pusat Studi Ilmu Falak IAIN Langsa Ikhsan Kamilan Latif, Rabu (26/5/2021) menjelaskan, fenomena gerhana bulan kali ini tidak seluruh langit nusantara bisa menyaksikan gerhana bulan total. 

"Khusus untuk Provinsi Aceh dan Sumatra Utara serta sebagian wilayah provinsi Riau hanya dapat menyaksiakan gerhana bulan sebagian (Parsial) . Disebabkan pada saat kontak puncak gerhana bulan total untuk wilayah teresbut kondisi bulan belum terbit dari ufuk timur,"jelasnya.

Ihsan mengatakan, gerhana bulan kali ini nyaris bertepatan waktu Shalat Magrib. Jadi seusai shalat maghrib umat muslim langsung menjalankan perintah Shalat Gerhana Bulan.

"Waktu gerhana yang dapat diamati  untuk wilayah Kota Langsa  diamati pukul 18:38 WIB  dan berakhir pukul 19:58 WIB,"tandasnya.

lebih lanjut dosen Fakultas Syari'ah IAIN Langsa ini menjelaskan, fenomena gerhana kali ini pun disebut dengan Supermooon, lantaran posisi bulan purnama kali ini berada pada titik terdekat dengan bumi sehingga magnitude ataupun kecerlangan dari cahaya bulan purnama jauh lebih terang dari purnama lainnya.

Dalam suasana pandemi covid 19. Pusat Studi Ilmu Falak Fakultas Syariah IAIN Langsa melakukan observasi secara tertutup dan tertabas dengan menerapkan protokol kesehatan dan akan disiarkan secara Live.

"Kita melakukan observasi di kampus IAIN Langsa dengan menggunakan peralatan yang kita miliki,"ujarnya.

Lanjutnya,  saat gerhana terjadi, islam memerintahkan umatnya untuk banyak berbuat kebaikan dan memohon ampunan kepada Allah serta menunaikan shalat sebagai bentuk pengabdian hamba terhadap Sang khaliq. 

"Mudah-mudahan dengaan doanya orang Islam disaat peristiwa Gerhana bulan kali ini Allah segera mencabut Pandemi covid 19 yang sedang melanda negeri ini,"tukasnya.()