Wali Kota: Rapat Pengurus Apeksi Akan Digelar Juni di Banda Aceh untuk Tingkatkan Denyut Ekonomi

Wali Kota: Rapat Pengurus Apeksi Akan Digelar Juni di Banda Aceh untuk Tingkatkan Denyut Ekonomi

Banda Aceh, Aceh Bisnis – Para wali kota yang tergabung dalam Dewan Pengurus dan para Ketua Komisariat Wilayah Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) akan menggelar pertemuan pada Juni mendatang di Kota Banda Aceh.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman usai mengikuti rapat bersama 13 wali kota pengurus Apeksi periode 2021-2024 di Hotel Big Land, Kota Bogor, Sabtu (6/3/2021).

Menurut Aminullah, rapat perdana yang dipimpin oleh Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya itu membahas berbagai hal, termasuk menyikapi isu-isu terkini. “Rapat kedua nanti kita sepakat menggelarnya Juni di Banda Aceh, karena banyak wali kota yang ingin datang ke Aceh,” ujarnya seraya menyatakan kesiapannya sebagai tuan rumah.

Masih menurut Aminullah, rapat di Bogor juga melahirkan beberapa rekomendasi, “Salah satunya kita akan beraudiensi dengan presiden dan kementerian terkait untuk dukungan percepatan pembangunan, dan juga membahas kepastian soal Pilkada serentak,” katanya lagi yang pada kesempatan itu turut didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Banda Aceh Faisal.

Selain itu, Apeksi bersepakat mendorong percepatan pembangunan kota dengan kemitraan bersama universitas, sektor swasta, dan antar daerah. “Kita akan fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan teknologi untuk meningkatkan denyut ekonomi kota,” kata Aminullah selaku Wakil Ketua Bidang Pembangunan Apeksi pusat.

Sebagai informasi, rangkaian rapat Apeksi di Bogor diawali dengan acara silaturahmi di Pendopo Wali Kota Bogor sembari sarapan pagi bersama. Setelahnya para wali kota berolahraga jalan santai. Kemudian acara dilanjutkan dengan rapat pengurus dan ditutup dengan jalan penanaman pohon di Kebun Raya Bogor.

Adapun para wali kota yang hadir antara lain Marten Taha (Wali Kota Gorontalo), Hendrar Prihadi (Wali Kota Semarang), Abdullah Abu bakar (Wali Kota Kediri), Maulan Aklil (Wali Kota Pangkalpinang), dan Dewanti Rumpoko (Wali Kota Batu). Ada juga yang mengikuti secara daring, yakni Firdaus (Wali Kota Pekanbaru) dan Dedy Yon Supriyono (Wali Kota Tegal).

Apeksi sendiri merupakan asosiasi yang beranggotakan 98 pemerintah kota se-Indonesia yang bertujuan membantu anggotanya dalam melaksanakan otonomi daerah dan menciptakan iklim yang kondusif bagi pembentukan kerjasama antar pemerintah daerah.