Wali Kota Akan Bagun Sentra Pemasaran Produk UMKM di Pasar Al-Mahirah

Wali Kota Akan Bagun Sentra Pemasaran Produk UMKM di Pasar Al-Mahirah

Banda Aceh, Aceh Bisnis – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyatakan, di dalam kompleks Pasar Al-Mahirah direncanakan akan dibangun sentra pemasaran produk UMKM lokal dan ekonomi kreatif. 

“Mulai dari aneka kerajinan tangan, produk olahan makanan, kopi, hingga bumbu masak. Jadi, semua kebutuhan masyarakat akan tersedia di satu tempat,”jelas Wali Kota Banda Aceh ini, Minggu (30/05/2020).

Ia sangat optimis keberadaan pasar yang diresmikan pada 2020 lalu tersebut, akan berdampak besar dalam upaya peningkatkan perekonomian masyarakat. “Pada masa transisi ini kita terus benahi berbagai sarana dan prasarana pendukung demi kenyamanan pedagang dan pembeli”.

Ke depan, kata dia, Pasar Al-Mahirah diproyeksikan akan memberi multiplier effect bagi masyarakat. Selain pedagang, juga bagi para pelaku usaha lintas sektoral termasuk UMKM dan pedagang asongan. “Al-Mahirah hidup, perekonomian kawasan pesisir berdenyut, dan ekonomi rakyat kecil pun bangkit,”ujarnya.

Multiplier effect yang terjadi, tambah Aminullah, akan turut melahirkan pelaku usaha baru, tak terkecuali UMKM. “Sektor usaha mulai dari transportasi, kuliner seperti warung makan dan warung kopi akan ikut menggeliat. Cita-cita kita, pasar ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan persisir khususnya dalam Kecamatan Kuta Alam dan Syiah Kuala”.

Sementara itu, pasar lama di Peunayong akan dialihfungsikan menjadi kawasan heritage dan kuliner. “Kalau sebelum direlokasi kan di situ kerap macet akibat pasar tak mampu lagi menampung jumlah pedagang. Peunayong yang bersisian dengan Krueng Aceh akan kita plot sebagai pusat perekonomian baru dan salah satu ikon wisata Banda Aceh,”pungkasnya.()