Wabup Abdya: Program Prioritas Harus Lebih Terfokus pada Pemberdayaan Ekonomi

Wabup Abdya: Program Prioritas Harus Lebih Terfokus pada Pemberdayaan Ekonomi
Para perangkat gampong di Kecamatan Jeumpa mengikuti Musrenbang. Foto Direkam Kamis (14/2/2019). (Foto: Yura/AcehBisnis.com)

Blangpidie, Aceh Bisnis - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) mengelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Jeumpa, Kamis (14/2/2019).

Kegiatan tingkat Kecamatan yang dibuka oleh Wabup Muslizar MT itu, turut hadir, Sekda Drs Thamrin, Kepala Bappeda Riza Marfandi, Kepala Perkim dan LH Firmansyah, Kepala Disperindagkop Jamaluddin, Kepala Dinas Syariat Islam Tgk Rajuddin, serta perwakilan Kepala SKPK lainnya.

Muslizar mengatakan, tujuan dilaksanakan Musrenbang itu untuk menyusun dan menentukan program dan kegiatan prioritas pembangunan agar lebih terarah dan terfokus, serta harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang didukung oleh kondisi, potensi dan sumber daya yang ada serta situasi yang berkembang saat ini.

Dikatakannya, Musrenbang Kecamatan tidak semata-mata menyepakati usulan prioritas pembangunan yang ada di gampong yang diusulkan melalui Musrenbang Gampong dan tertuang dalam RPJM masing-masing gampong.

Namun demikian, kata dia, Musrenbang Kecamatan ini juga menyepakati kegiatan prioritas yang menjadi urusan dan kewenangan wajib dan pilihan Pemerintah Kabupaten.

Selain itu, kata Muslizar, seluruh desa di Abdya diharapkan adanya pembangunan yang merata. Termasuk kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat juga harus diprioritaskan dalam setiap usulan dan tentunya jangan banyak usulan fisik seperti rabat beton.

"Intinya, lihat apa usulan yang kira-kira bisa diprioritaskan untuk didanai oleh pemerintah daerah,"ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Abdya Riza Marfandi mengharapkan di dalam rapat pembahasan nantinya agar tidak keluar dari tema yang ada. "Karena ini menyangkut visi misi Bupati Akmal Ibrahim dan Wabup Muslizar,"uungkapnya.

"Harus sesuai dengan tema yakni "Peningkatan nilai tambah pasca panen melalui usaha mikro kecil menengah (UMKM), pengembangan akses dan jaringan pasar, agro wisata serta optimalisasi pelayanan publik","kata Kepala Bappeda Abdya.

Sementara usulan kegiatan dibawah Rp50 Juta supaya tidak diusulkan dalam anggaran pemerintah (APBK). Kegiatan seperti itu bisa dioptimalisasikan dalam Dana Desa (DD) tahun ini.

Camat Kecamatan Jeumpa, Teuku Nasrun menyebutkan, supaya usulan dari Kecamatan Jeumpa bisa mendapatkan prioritas dari Pemkab Abdya untuk didanai pada Tahun 2020.

"Intinya, yang sifatnya mendesak seperti jalan ke sawah, kebun serta pemberdayaan ekonomi masyarakat supaya mendapatkan suntikan anggaran pada tahun depan,"pungkasnya.(yra/ded)

HIMBAUAN FORKAMPIDA ACEH
IKLAN CORONA pemrpov aceh