Viral Pengendara Motor Ini Bawa Ular Piton di Pinggang, Beratnya Diduga 200 Kg

Viral Pengendara Motor Ini Bawa Ular Piton di Pinggang, Beratnya Diduga 200 Kg
Viral pria temukan ular piton besar di perkebunan dan bawa pakai motor. (Sumber: World of Buzz)

Jakarta, Aceh Bisnis - Ular piton, salah satu ular yang banyak ditemukan di beberapa wilayah Afrika dan Asia. Ular piton yang termasuk dalam golongan sanca besar ini juga kerap muncul di pemukiman atau di perkebunan milik warga.

Tak jarang juga ular ini pun memangsa hewan-hewan ternak mereka. Untuk membasminya, biasanya warga akan memindahkan ular itu ke penangkaran dengan melibatkan pihak terkait. Namun berbeda dengan pria satu ini.

Seorang pria mendadak viral di media sosial usai membawa ular piton jenis sanca batik berukuran besar sambil mengendarai motornya. Peristiwa itu ramai disorot warganet usai diunggah di Facebook.

Pria itu dengan santai membiarkan ular besar tersebut melilit di pinggangnya sambil mengendarai motor untuk dibawa ke tempat perlindungan setempat. Tak sendiri, ia juga membonceng pria lebih muda yang juga tampak santai. Diduga ular sanca batik berwarna coklat ini memiliki berat sekitar 200 kilogram.

Bawa Ular Piton Pakai Motor

Viral pria temukan ular piton besar di perkebunan dan bawa pakai motor. (Sumber: World of Buzz)


Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Kamis (3/6/2021) seorang pria mendadak viral di media sosial usai terlihat membawa ular piton besar di pinggangnya sambil mengendarai motor. Pria asal Malaysia tersebut tampak santai mengendarai motor bersama temannya yang turut memegang ular itu.

Dari video yang dibagikan di akun Facebook itu diduga ular piton jenis sanca batik ini tampak jinak. Berdasarkan laporan Harian Metro, ular tersebut diyakini memiliki berat lebih dari 200 kilogram, namun belum diketahui panjangnya. Keduanya diketahui hendak membawa ular tersebut ke penangkaran.

Menurut Harian Metro pula, kedua pria itu menangkap ular ini di perkebunan karet di sebuah desa di Lubuk Simpul, Kuala Krai. Sang pemilik kebun berusia 34 tahun menangkap ular raksasa tersebut sekitar pukul 18.00 waktu setempat bersama karyawannya.

Ditangkap di Perkebunan

Viral pria temukan ular piton besar di perkebunan dan bawa pakai motor. (Sumber: World of Buzz)


Menurut Datuk Abdul Kadir Abu Hashim, Direktur Jenderal Departemen Margasatwa dan Taman Nasional (PERHILITAN) Semenanjung Malaysia mengungkapkan bahwa insiden itu membenarkan kejadian itu terjadi di Kuala Krai, Kelantan pada 29 Mei 2021 lalu.

"Mereka khawatir ular sanca besar bisa mengancam keselamatan warga. Setelah itu, ular itu kemudian ditangkap dan dibawa menggunakan sepeda motor untuk diserahkan ke PERHILITAN," jelas Datuk Abdul Kadir, dikutip dari World of Buzz.

"Sebelumnya, mereka telah menghubungi staf Kuala Krai Wildlife, untuk memberi tahu mengenai pengiriman reptil liar itu," lanjutnya lagi.

"Piton batik tersebut kemudian diserahkan kepada PERHILITAN pada Minggu, sebelum ditempatkan sementara di kandang PERHILITAN Kuala Krai," tutup Datuk Abdul Kadir Abu Hashim.

Datuk Abdul Kadir menambahkan bahwa pemilik perkebunan sejak itu telah meminta maaf karena ia tidak bermaksud membuat video itu menjadi viral.