Viral Janin Meninggal Gara-gara Rumput Fatimah, Ini Pesan Dokter Kandungan

Viral Janin Meninggal Gara-gara Rumput Fatimah, Ini Pesan Dokter Kandungan
Ilustrasi kehamilan (Foto: thinkstock)

Jakarta, Aceh Bisnis - Sebuah video viral mengisahkan ibu yang kehilangan janin dalam kandungannya gara-gara minum rendaman rumput fatimah. Sang ibu bahkan mengalami syok perdarahan.

Tak cuma kehilangan sang buah hati, ibu tersebut juga harus menjalani operasi karenanya. Ia mendapat transfusi 20 kantong darah dan harus dirawat di ICU hingga 7 hari.

Terlepas dari video viral tersebut, penggunaan herba rumput fatimah alias Labisia pumila rupanya cukup lazim ditemui dalam keseharian, khususnya di kalangan ibu hamil. Air rendaman rumput fatimah dipercaya ampuh merangsang persalinan.

Dikutip dari Haibunda, dokter kandungan dr Febriansyah Darus, SpOG(K) mengatakan minum rendaman rumput fatimah memang tidak dianjurkan, karena bisa membahayakan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

"Ya, memang enggak boleh makan rumput fatimah itu," terang dr Febriansyah.

Bahaya utama rumput fatimah adalah bisa memicu kontraksi terus menerus jika dosisnya tidak tepat. Kontraksi terjadi karena rumput fatimah mengandung senyawa seperti oksitosin, salah satu hormon yang berperan dalam kontraksi saat bersalin.

"Kontraksinya timbul kadang-kadang di luar batas kewajaran, akibatnya pembukaan melahirkan masih kecil tapi minum dengan dosis enggak jelas, kontraksi jadi kencang banget," lanjutnya.

Kontraksi yang tidak terkendali karena penggunaan rumput fatimah secara tidak tepat bisa berdampak fatal.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA

Sumber:detik.com