Vietnam Makin Canggih: Kembangkan Mobil Nasional Tanpa Sopir Bersama NVIDIA

Vietnam Makin Canggih: Kembangkan Mobil Nasional Tanpa Sopir Bersama NVIDIA
Mobil listrik VinFast. Foto: VinFast

Jakarta, Aceh Bisnis - Perusahaan mobil nasional Vietnam, VinFast, telah menggandeng perusahaan teknologi, NVIDIA, untuk menggarap mobil yang lebih canggih. Bersama NVIDIA, VinFast akan mengembangkan mobil listrik otonom yang bisa melaju tanpa kendali manusia.

Dalam keterangan tertulis yang diterima detikOto, VinFast mengumumkan sedang mengembangkan dan mempersiapkan produksi massal mobil listrik pintar di semua segmen. Itu termasuk SUV ukuran menengah VF e34 (Segmen C), SUV ukuran menengah VF e35 (Segmen D), dan VF e36 SUV ukuran penuh (Segmen E). Ketiga model itu memiliki kemampuan otonom Level 2-3, dengan 30 fitur pintar.

Mobil listrik pertama VinFast akan dijejali NVIDIA DRIVE Xavier system-on-a-chip (SoC) mulai 2022. Selanjutnya, VinFast akan meng-upgrade ke NVIDIA DRIVE Orin di seluruh jajaran mobil listrik premium yang dijualnya.

NVIDIA DRIVE Orin adalah prosesor dengan performa tertinggi di industri. Dibangun dengan lebih dari 21 miliar transistor, sistem itu menampilkan arsitektur GPU NVIDIA Ampere terbaru, 12 CPU Cortex-A78 ARM64. SoC mampu memproses lebih dari 254 triliun operasi per detik untuk menangani sejumlah besar aplikas. Hal itu termasuk kemampuan seperti perencanaan perjalanan, lokasi stasiun pengisian baterai dan dealer, peringatan risiko pencuian, preferensi kebiasaan pengguna, melaju sendiri di jalan raya, parkir, dan lainnya.

"Strategi VinFast difokuskan pada kerja sama dengan perusahaan teknologi global untuk mengawinkan teknologi terbaru mereka dengan produk kami," kata Thai Thi Thanh Hai, Wakil Ketua Vingroup dan CEO VinFast. "Diaktifkan oleh NVIDIA, armada kendaraan listrik baru kami akan memiliki kemampuan dan fitur AI (kecerdasan buatan) terbaru yang penting untuk pembaruan perangkat lunak mengemudi sendiri."

"NVIDIA DRIVE yang dipilih VinFast akan mempercepat pengembangan kendaraan listrik cerdas - memberikan tingkat keamanan dan kenyamanan baru yang akan membantu membentuk masa depan transportasi di Vietnam, di seluruh Asia Tenggara dan dunia," kata Rishi Dhall, Wakil Presiden Kendaraan Otonom di NVIDIA.

Pada awal 2021, VinFast mengumumkan tiga SUV listrik (VF e34, VF e35 dan VF e36) dengan fitur otonom hingga Level 3. VF e34 adalah model pertama yang akan debut di Vietnam pada akhir 2021.

Sumber:detik.com