UTU Meulaboh Akan Jalin Kerjasama dengan Pemkab Abdya Bidang Pertanian

UTU Meulaboh Akan Jalin Kerjasama dengan Pemkab Abdya Bidang Pertanian

Blangpidie, Aceh Bisnis - Pihak Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh akan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam Bidang Pertanian khususnya tentang Kultur Jaringan.

Sementara pihak UTU Meulaboh, Rabu (17/3/2021) kemarin sudah melihat langsung tentang cara mengembangkan tanaman pisang dengan mengunakan kultur jaringan di Laboratorium Dinas Pertanian Abdya di kawasan Padang Meurante Kecamatan Susoh.

"Ya benar, pihak UTU Meulaboh dalam waktu dekat akan melakukan kerjasama dengan kita. Terutama mengenai Kultur Jaringan,"ucap Kadis Pertanian dan Pangan Abdya, drh. Nasruddin kepada AcehBisnis Kamis (18/3/2021).

Nasruddin mengatakan, nanti pihak UTU akan mengirim para mahasisiswa untuk belajar ke Abdya mengenai pertanian. Mereka nanti akan ditempatkan di beberapa tempat seperti BBU Tangan-tangan atau Laboratorium Dinas Pertanian dan Pangan.

"Selama ini mahasiswa dari UTU sering melakukan praktik di sini. Tapi cuma melalui surat tapi kedepan harus ada kerjasama. Sehingga akan lebih mudah dalam mengambil keputusan dan kebijakan,"kata Nasruddin.

Menurutnya, sebenarnya kerjasama ini lebih ke pembelajaran (pendidikan) tentang pertanian. Dan tidak ada keuntungannya tapi ada manfaatnya yang lebih besar. Karena sektor pertanian juga bisa memberikan pelajaran bagi mahasiswa yang ingin belajar tentang pertanian selain untuk peningkatan ekonomi bagi petani yang melakukannya.

"Untuk mewujudkan itu, pihak UTU tadi telah melihat langsung bagaimana kultur jaringan. Bagaimana cara mengembangkan tanaman pisang dengan kultur jaringan, bahkan kedepan sawit akan dikembangkan dengan kultur jaringan juga,"ucap Nasruddin.

Sementara itu, Wakil Dekan Pertanian UTU Khairuddin kepada AcehBisnis menyebutkan, perkembangan pertanian di Abdya sudah sangat bagus dan sudah berbau teknologi sehingga membuat pihak UTU Meulaboh berniat ingin menjalin kerjasama dalam bidang ini khususnya tentang kultur jariangan.

"Tadi kami sudah diajak oleh Kadis Pertanian Abdya untuk melihat langsung bagaimana proses pengembangan tanaman pisang melalui kultur jaringan. Cukup mantap dan berhasil dalam bidang ini,"katanya.

Oleh karena itu, karena proses pertanian cukup bagus pihaknya dalam waktu dekat akan membuat MoU dengan Pemkab Abdya. Nanti pihak UTU akan mengirim mahasiswa untuk praktek di Abdya dan tentunya akan belajar tentang pertanian. Memang selama ini pihak UTU juga sudah sering mengirim mahasiswa disini tapi komunikasinya hanya melalui surat saja. Namun kedepan pihaknya menginginkan hitam diatas putih (kerjasama) biar jelas aturannya.

Pantauan AcehBisnis di lapangan, sejumlah tanaman pisang yang telah dikembangkan dengan kultur jaringan antara lain Bibit Pisang Kepok Tanjung, Barangan Merah dan Cavendish.()