Usung Karya Distilasi Nilam Aceh Sebagai Antivirus, Syavina Juara KIHAJAR STEM 2020

Usung Karya Distilasi Nilam Aceh Sebagai Antivirus, Syavina Juara KIHAJAR STEM 2020
Syavina Maura Zahrani

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Seorang siswi Aceh Syavina Maura Zahrani, Siswi SMA Negeri Modal Bangsa Aceh berhasil meraih Juara 1 Video Sicence Technology Engineering Mathematics (STEM) pada ajang bergengsi Lomba Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar) Tingkat Nasional Tahun 2020 yang dilaksanakan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI.

Selain itu, Aceh juga menjadi Provinsi keempat di Indonesia dengan jumlah peserta terbanyak mencapai 3.590 siswa dan siswi semua jenjang.

Kabar mengembirakan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Rahmat Fitri HD MPD didampingi Kepala UPTD Balai Tekkomdik, T. Fariyal, S.Sos, MM kepada awak media, Rabu (13/10) di Banda Aceh.

“Alhamdulillah, saya sangat senang mendapat kabar ini. Ananda Syavina Maura Zahrani berhasil meraih prestasi yang membanggakan kita semua, yaitu Juara 1 Video STEM pada perlombaan Kuis Kihajar Tingkat Nasional Tahun 2020 jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA),” kata dia.

Untuk meraih hasil tersebut bukanlah hal yang mudah, betapa tidak untuk menjadi juara 1 nasional, Syavina harus mampu menyisihkan 17.213 siswa/siswi pada jenjangnya dari seluruh daerah di Indonesia. Pada babak final Hijar STEM, Syavina mengusung karya Video STEM yang berjudul “Distilasi Nilam Aceh Sebagai Antivirus”. Dalam video itu, Syavina membahas tentang cara membuat medicated oil dari nilam Aceh yang dapat berfungsi sebagai zat antivirus penangkal Covid 19.

“Dalam kompetisi yang berlangsung secara paralel itu, ananda Syavina telah mampu melewati berbagai tahapan pelaksanaan lomba yaitu Kihajar STEM Basic, Kihajar STEM Intermediate, Kihajar STEM Advance, Kihajar Video STEM, Kihajar STEM Final yang merupakan tahapan akhir dari pelaksanaan Kihajar STEM Tahun 2020,” sebut Rachmat Fitri.

Ia juga menjelaskan, peserta yang lolos ke babak final sebanyak 301 peserta pelajar dari seluruh jenjang pendidikan baik dari dalam maupun luar negeri untuk memperebutkan juara di tahapan Final. Peserta yang berasal dari 64.555 yang mendaftar pelaksanaan KIHAJAR STEM sejak 23 Juli 2020.

Tahun 2020 ini, sebut mantan Wakil Bupati Aceh Barat ini, merupakan perdana Provinsi Aceh mendapat prestasi dalam event Kuis Kihajar STEM yang diadakan oleh Pusdatin Kemendikbud RI.

“Hal ini selaras dengan visi utama Dinas Pendidikan Aceh untuk meningkatkan mutu dan daya saing peserta didik di kancah Nasional sehingga akan tercapainya target program Aceh Carong sebagaimana visi dan misi Pemerintah Aceh,”ujarnya.

“Siswa dan siswi dari Aceh sudah sering mendapat juara, dalam berbagai perlombaan di tingkat nasional. Termasuk perlombaan Kuis Kihajar yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbud setiap tahunnya,”pungkasnya.