RUMAN Aceh Gelar Serial Parenting Gratis

Banda Aceh - Lembaga Pendidikan Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh menggelar serial parenting (kepengasuhan anak) gratis bagi keluarga murid Sekolah PAUD (Pendidika anak usia dini) dan BIMBEL (bimbingan belajar) binaannya.

Sebanyak 70 keluarga menghadiri kegiatan yang berlangsung di ruang serba guna RUMAN Aceh pada Sabtu (7/10/2017) pagi yang berada di gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh. Turut hadir Pendiri RUMAN Aceh, Ahmad Arif beserta jajaran lainnya.

Kepala Sekolah PAUD RUMAN Aceh, Rizky Sopya S.Pd mengungkapkan, bahwa kegiatan ini telah digelar beberapa kali sejak dimulainya PAUD RUMAN Aceh pada tahun ajaran 2015/2016 lalu dengan materi yang beragam.

"Tujuan serial parenting ini adalah untuk mewujudkan sinergi antara sekolah dengan orang tua di rumah dalam hal mengasuh anak sehingga anak tidak mengalami kebingungan kerena menemukan perbedaan mencolok ketika mereka di sekolah dengan di rumah,"ujar Rizky dalam sambutanya.

Kajian kali ini disampaikan oleh Drs. Johan Efendi M.Pd, seorang widyaiswara pada LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) Aceh juga Asesor PAUD Aceh berjudul, "Mendukung Perkembangan Anak Secara Benar dan Terarah".

"Orang tua di rumah dengan guru di sekolah harus berada pada frekwensi yang sama dalam pemahaman dan metode mengasuh anak. Bahkan sebenarnya, sekolah itu hanya sebagai pelengkap. Orang tualah sebagai pendidik utama. Jangan sampai terbalik,"ungkap Johan.

Johan juga mengingatkan bahwa metode terbaik dalam proses belajar anak-anak adalah dengan bermain sehingga mereka selalu berada dalam kondisi segar dan nyaman.

"Tujuan utama kepengasuhan anak usia dini adalah membentuk karakter positif dan kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut tercermin pada aspek akal, badan dan emosional anak,"pungkasnya.

HUT ACEH BISNIS BANK ACEH