Uang Koin 'Kelapa Sawit' Harganya Mahal Banget?

Uang Koin 'Kelapa Sawit' Harganya Mahal Banget?
Foto: Dok. BI

Jakarta - Harga uang koin pecahan Rp 1.000 bergambar kelapa sawit mencuri perhatian. Pasalnya harga koin tersebut mencapai ratusan juta per keping.

Di sebuah toko online, harga koin ini bahkan dibanderol hingga Rp 150 juta. Mahal banget ya!

Pantauan detikcom di salah satu situs jual beli online, sejumlah akun iklan menjual uang logam kuno tersebut dengan harga mencapai Rp 100 jutaan. Beberapa akun lain ada yang menjual jutaan hingga puluhan juta.

Belum diketahui, apakah ada orang yang membeli uang kuno tersebut atau tidak. Belum ada penjelasan juga mengenai alasan uang yang rata-rata diproduksi tahun 1993 itu.

Terlepas dari itu, bila dihitung, uang ratusan juta setara dengan uang muka kredit rumah atau mobil bekas.

Contohnya,rumah seharga Rp 500 juta di pinggiran Jakarta seperti Bogor, Depok, atau Tangerang. Bila DP yang ditetapkan 20%, maka konsumen harus membayar Rp 100 juta ke pengembang, di luar biaya akad, KPR, dan BPHTB.

Uang Rp 100 juta juga bisa dibelikan mobil bekas atau seken. Contohnya, mobil low cost green car (LCGC) dijual Rp 100 jutaan.

Mengenai uang logam kelapa sawit, Bank Indonesia sebelumnya mengatakan bahwa uang tersebut masih bisa digunakan sebagai alat transaksi. BI belum mencabut peredaran uang tersebut.

Menanggapi hal tersebut Salah satu kolektor dan penjual uang kuno asal Gresik Gus Ahmad Legen menilai harga ratusan juta tersebut hanya dibesar-besarkan oleh pihak tertentu.

"Sebenarnya yang viral sampai harga berjuta-juta itu menurut saya dilebih-lebihan. Kenyataannya tidak demikian, saya punya stok 3.000 keping dan harga jualnya normal Rp 2.500 sampai Rp 4.000 per keping," kata dia.

Dia mengungkapkan sejak uang kelapa sawit viral banyak orang yang menghubungi dia untuk menjual uang koin tersebut. Namun uang koin ditawarkan dengan harga yang mahal.

"Banyak yang telepon saya, 'pak mau beli koin saya nggak, harganya Rp 3 juta' ya saya bilang ngawur harganya. Dia bilang harganya mahal, ya saya sampaikan ke dia, jual saja ke sana di sini harganya normal," jelas dia.

Menurut dia, harga yang terlalu mahal hingga ratusan juta tersebut sangatlah tidak masuk akal. Pasalnya uang koin bergambar kelapa sawit masih banyak di masyarakat.

"Teman-teman saya yang kolektor juga tertawa saja melihat berita uang koin itu harganya mahal sekali," imbuhnya.

Sumber:detik.com
WTP Pemkab Pidie