Trauma Helaing untuk Anak Rohingya

Trauma Helaing untuk Anak Rohingya
Foto: Istimewa

Lhokseumawe, Acehbisnis.com - Puluhan anak-anak yang berada di bekas gedung imigrasi antusias mengikuti kegiatan trauma healing yang di selenggarakan oleh ACT Lhokseumawe.

Hal itu disampaikan  Thariq Farline sebagai kepala cabang ACT Lhokseumawe, kepada acehbisnis.com Minggu 28 Juni 2020.

Dikatakan, anak-anak mengikuti kegiatan dengan tertib, kegiatan itu menghadirkan salah satu pemandu dari  pengungsi Rohingya yang sudah sedikitnya mampu berbahasa Indonesia.

"Dua hari setelah berada di tempat pengungsian baru dapat  di laksanakan, karena mereka harus terlebih dahulu di data oleh pihak imigrasi," kata Thariq Farline sebagai kepala cabang ACT Lhokseumawe.

Sebelumnya mereka masih di lautan lepas dan mereka terombang-ambing oleh lautan yang ganas. "Beruntung nelayan yang melihat mereka membantu sehingga di Tarik ke kuala Lancok Syamtalira Aron, Kecamatan Aceh Utara," jelasnya.

Ia juga mengatakan, ACT Lhokseumawe bersama MRI melakukan kegiatan untuk menghilangkan rasa trauma yang selama ini meraka cukup lama di lautan lepas.

Selain itu, kata dia, mereka juga di ajarkan shalawat, asmaul husna secara bersamaan, dan membacakkan surat Al-Fatihah.

Kegembiraansangat terlihat di wajah yang begitu ceria setiap puluhan anak Rohingya yang mengikuti kegiatan trauma healing.

“Tujuan kita membuat aksi ini karena mereka masih dalam usia pendidikan yang harus di berikan edukasi yang sangat cukup, dari pada mereka hanya duduk saja di dalam maka mari kita berikan edukasi,"ungkapnya. 

Dia mengharapkan, kedepannya aksi-aksi serupa akan terus di lakukan seperti menggambar maupun membuat outbound bersama anak-anak Rohingya di pengungsian.

"Kini, kondisi di tempat pengungsian lebih nyaman dan anak-anak Rohingya sangat cepat dekat meskipun Bahasa menjadi kendala untuk mereka," ujar  Thariq Farline sebagai kepala cabang ACT.

Dijelaskannya, trauma healing merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengantisipasi post-traumatic syndrome disorder di kalangan anak-anak.

"Dan trauma healing merupakan metode yang tepatt untuk memulihkan psikologis pasca terhempas di lautan yang ganas,"pungkasnya.()

WTP Pemkab Pidie