Tingkatkan Produktivitas Padi Aceh Jaya dengan Penggunaan Benih Unggul 

Tingkatkan Produktivitas Padi Aceh Jaya dengan Penggunaan Benih Unggul 

Calang, Aceh Bisnis - Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Dinas Pertanian setempat menargetkan produktivitas hasil pertanian khususnya padi untuk setiap musim tanam sabanyak 5,2 ton per hektare.

"Salah satu upaya mewujudkan peningkatan produktivitas ini adalah dengan penggunaan benih unggul setiap musim tanam yang ikut disesuaikan dengan masing-masing daerah," kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Jaya, T. Reza Fahlevi di Calang, Senin.

Ia menjelaskan dalam upaya menjadikan daerah tersebut sebagai penyumbang swasembada pangan di Provinsi Aceh adalah meningkatkan kemampuan petani melalui para penyuluh agar mereka mampu melaksanakan berbagai tahapan sebelum dan pasca panen di setiap musim tanam padi.

"Penigkatan pemahaman itu seperti adanya pendampingan kelompok tani, sekolah lapang dan metode penyuluhan lainnya yang nantinya juga bertujuan  mendukung program peningkatan produktivitas hasil pertanian disetiap panen dan program menyejahterakan petani," katanya.

Menurut dia selain penggunaan bibit unggul, dalam ikut serta membantu para petani pihaknya juga terus berupaya memberikan pupuk dan benih kepada petani serta berbagai program pendukung lainnya yang bersumber dari  APBN dan APBA termasuk dari APBK khususnya.

Ia menyebutkan luas lahan baku sawah di Kabupaten Aceh Jaya saat ini sebanyak 8.943 hektare yang tersebar di sembilan kecamatan yang ada dalam kabupaten itu.

Pihaknya optimistis dengan berbagai upaya pendampingan yang dilakukan secara berkelanjutan oleh pemerintah daerah kepada petani peningkatan produktivitas dan pendapatan petani di daerah setempat akan terwujud di masa mendatang.

Sumber:Antaraaceh