Teuku Fariyal: Guru Harus Bisa Manfaatkan Teknologi untuk Kemajuan Pendidikan

Teuku Fariyal: Guru Harus Bisa Manfaatkan Teknologi untuk Kemajuan Pendidikan

Banda Aceh - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah semakin maju, terutama dibidang pendidikan. Belajar tidak lagi harus berada di ruang kelas, tapi bisa dilakukan dimana saja dengan menggunakan akses internet.

Kepala UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Fariyal mengatakan, proses belajar mengajar akan menjadi lebih mudah apabila dapat memanfaatkan teknologi.

Berkaca pada kondisi ini, kata dia, sudah menjadi salah satu pilihan bagi guru untuk terlibat dan berkolaborasi bersama dengan teknologi.

"Guru harus dapat memanfaatkan teknologi untuk kepentingan penguatan dan pengembangan aspek utama pendidikan seperti konten, pedagogik dan manajemen pendidikan,"kata Teuku Fariyal saat membuka fasilitasi pengembangan TIK berbasis multimedia, Rabu (19/02/2020) di Banda Aceh.

Menurut dia, perlu adanya peningkatan penguasaan pemanfaatan TIK secara utuh, baik dalam pemanfaatan peningkatan kompetensi guru maupun dalam proses pembelajaran disekolah.

"Sebab, pemanfaatan teknolgi pembelajaran merupakan trobosan yang terus menerus dikembangkan, pembelajaran yang kini menuntut pemanfaatan waktu secara efisien mendorong munculnya ide-ide kreatif untuk dapat melakukan pembelajaran dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun,"jelas dia.

Apalagi, jelas dia, sebagian besar orang Indonesia saat ini telah memiliki alat komunikasi seluler dan smartphone maka dipandang perlu pengembangan media melalui prangkat mobile.

"Tentunya semua kebijakan yang digulirkan oleh Mendikbud akan berdampak pada kemajuan pendidikan, oleh karena itu bapak ibu guru selaku lokomotif utama penggerak pada dunia pendidikan baik jenjang SMP, SMA dan SMK tetap harus fokus dan lebih serius dalam mencerdaskan anak didiknya serta manfaatkanlah teknologi sebaik mungkin untuk memudahkan proses belajar mengajar di sekolah,"ungkapnya.

Selain itu, sebut dia, peningkatan kompetensi guru merupakan kebutuhan yang mendesak dalam upaya memajukan dunia pendidikan di Aceh, hal ini menitik beratkan pada upaya-upaya dan tindakan yang akan ditempuh.

"Untuk itu, melalui pelatihan Pengembangan TIK Berbasis Multimedia ini diharapkan dapat mengembangkan dan membuat model-model bahan ajar yang dapat digunakan peserta didik,"pungkasnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Kemendikbud RI bekerjasama dengan UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh diikuti oleh 25 orang guru SMA/SMK dan SMP dari Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.()

HIMBAUAN FORKAMPIDA ACEH
IKLAN CORONA pemrpov aceh