Tanaman Padi di Abdya Diserang Hama Burung

Tanaman Padi di Abdya Diserang Hama Burung
Foto: Yusnizar

Blangpidie, Aceh Bisnis - Tanaman padi milik petani di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) diserang Hama Tulo (Hama Burung Pipit) padahal padi telah memasuki pematangan bulir. Akibatnya, petani resah karena takut produksi padi akan menurun.

"Parah sekali hama burung tahun ini, kalau hama lain mungkin bisa dibasmi dengan racun atau pestisida tapi kalau burung terpaksa harus dijaga,"ucap M Ali, seorang petani di Kecamatan Blangpidie Kepada AcehBisnis.com Jumat (8/1/2021).

Menurutnya, bulir padi yang memasuki tahap pematangan sangat disukai hama burung pipit yang menyerang secara berkelompok dalam jumlah besar. "Ya kami para petani harus setiap hari menjaga tanaman padi karena kalau dibiarkan tidak dijaga maka siap-siap padi akan musnah karena bulir akan kosong dimakan burung,"sebut M Ali sambil menunjukan areal persawahan yang sangat parah diserang hama burung.

Untuk mengatasi itu semua, petani terpaksa harus memasang plastik warna warni di seluruh sudut sawah. Karena ketika ditiup angin plastik akan bunyi dan burung terbang. Petani juga harus menjaga dari pagi hingga sore untuk menyelamatkan tanaman padi yang sedang bunting.

"Mudah-mudahan produksi padi kami tetap meningkat tahun ini. Karena cuma ini mata pencaharian kami di Abdya,"harap petani itu.

Sementara itu, Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan Abdya, Safri Maswandi mengakui kalau adanya hama burung menyerang tanaman padi tapi bukan dalam jumlah yang besar. Untuk mengatasinya, petani harus menjaga ektra keras.()