Tak Perlu Khawatir, Ini 9 Cara Atasi Perut Kembung saat Puasa

Tak Perlu Khawatir, Ini 9 Cara Atasi Perut Kembung saat Puasa
Ilustrasi Perut Kembung dan Mual Credit: pexels.com/pixabay

 Jakarta, Aceh Bisnis - Perut kembung sering menyerang saat sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Perut kembung saat puasa biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat. Gejala yang dialami adalah sendawa, buang air terus-menerus, dan rasa bergejolak di dalam perut.

BKetika sedang puasa, tubuh akan mengalami berbagai perubahan kondisi yang dikarenakan berubahnya pola makan dan pola tidur. Salah satu kondisi yang sering terjadi saat puasa adalah perut kembung. Perut kembung adalah sebuah kondisi yang membuat perut seakan penuh dan sesak, sehingga membuat rasa tak nyaman.

Perut kembung saat berpuasa tidak boleh disepelekan, sebab kondisi tersebut bisa menjadi sebuah pertanda bahwa tubuh sedang dalam keadaan tidak sehat. Oleh karena itu, jika merasa kembung pada perut. Berikut 9 cara untuk mengatasinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (13/4/2021).

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Berpuasa Ramadan

Supaya tubuh tetap kuat dalam menjalankan ibadah puasa, alangkah lebih baik jika langsung mengatasi setiap penyakit yang menyerang termasuk perut kembung saat puasa. Berikut cara mengatasinya.

1. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gas

Cara mengatasi perut kembung saat puasa yang pertama adalah menghindari makanan dan minuman yang mengandung gas tinggi saat sahur dan berbuka, seperti kacangan-kacangan, kubis, cumi, soda, dan kopi. Makanan dan minuman tersebut akan membuat gas berlebih pada perut di siang hari.

2.  Kelola stres

Sebelum masuk kepada makanan dan minuman, cara mengatasi perut kembung saat puasa adalah mengelola stres. Hal ini karena salah satu penyebab perut kembung saat puasa ternyata adalah stres. Saat Anda sedang mengalami stres, maka proses pernapasan akan menjadi kacau dan mengakibatkan terjadinya penumpukan gas pada perut.

Hal ini juga berkaitan dengan salah satu manfaat puasa yaitu mengendalikan emosi. Jadi selain bisa mengatasi perut kembung, Anda bisa sekalian menjalankan perintah yang dilarang saat puasa, yaitu marah atau emosi.

3.  Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Memenuhi asupan cairan tubuh mungkin menjadi salah satu cara untuk menjaga diri agar tetap sehat selama berpuasa. Hal ini juga bisa mengatasi perut kembung karena terbatasnya asupan air yang masuk ke tubuh Anda.

Mengatur pembagian minum setiap harinya yaitu dengan dua gelas saat berbuka, empat gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur dapat membantu mengatasi terjadinya perut kembung saat puasa.

4.  Menghindari susu dan produk olahan susu

Mengonsumsi susu dan produk ulahan susu lainnya juga merupakan salah satu cara mengatasi perut kembung saat berpuasa. Apalagi bila Anda sedang mengalami intoleransi laktosa. Hal ini bisa menyebabkan perut begah. Jadi mengonsumsi susu serta produk olahan susu seperti yoghurt dan keju harus dihindari untuk mengatasi perut kembung.

5.  Olahraga

Melakukan olahraga atau melakukan kegiatan ringan seperti berjalan kaki atau jogging selama 20 sampai 30 menit dapat memperlancar kerja usus. Hal ini juga akan mencegah terjadinya perut begah karena sembelit. Anda juga harus menambahkannya dengan konsumsi makanan berserat.

Mengalami perut kembung saat berpuasa sangat terasa tidak nyaman. Ketika itu terjadi, Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut caranya.

6.  Membatasi asupan garam

Makanan cepat saji tentunya memiliki kandungan garam yang sangat tinggi. Padahal kandungan sodium yang terdapat pada garam dapat memicu terjadinya perut kembung. Untuk makanan berbuka puasa dan sahur, usahakanlah untuk selalu mengonsumsi makanan yang segar seperti sayur sayuran dan buah buahan. Jangan sampai ibadah yang Anda jalankan terganggu karena konsumsi makanan yang tidak sehat.

7.  Batasi makanan cepat saji

Utamakanlah mengonsumsi makanan segar saat sahur dan berbuka puasa. Meski mudah dan cepat untuk dimasak, makanan cepat saji seperti sosis memiliki kandungan garam yang lebih tinggi. Sodium yang terdapat pada garam bisa mengikat garam yang ada di perut dan memicu terjadinya perut kembung.

8.  Kurangi makanan atau minuman manis

Makanan dan minuman manis, baik yang menggunakan pemanis buatan seperti fruktosa, sorbitol, ataupun pemanis alami, adalah bahan yang sulit dicerna oleh tubuh. Jika Anda kerap mengalami perut kembung saat puasa dan gemar mengonsumsi makanan manis saat berbuka, sebaiknya mulai dikurangi.

9.  Biasakan Makan Perlahan

Sering disepelekan, tetapi makan secara perlahan merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi perut kembung. Sebab, jika Anda makan dengan tergesa-gesa, makanan yang masuk tidak akan halus, sehingga kerja lambung menjadi semakin berat. Akibatnya, produksi gas pun akan meningkat, dan terjadilah perut kembung. Minum air putih setelah makan akan sangat membantu dalam melancarkan pencernaan dan mencegah perut kembung terjadi.

Itu tadi beberapa cara untuk mentasi perut kembung saat puasa Ramadan. Mulai sekarang jagalah selalu kesehatan Anda selama melaksanakan ibadah puasa. Jangan sampai ibadah yang Anda jalankan terganggu karena konsumsi makanan yang tidak sehat.

Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh