Sumur Mulai Kering, Warga Aceh Besar Kesulitan Dapatkan Air Bersih

Sumur Mulai Kering, Warga Aceh Besar Kesulitan Dapatkan Air Bersih
Foto: Istimewa

Aceh Besar - Kekeringan yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Besar dalam beberapa bulan terakhir ini, membuat banyak sumur warga setempat mengalami kekeringan.

Akibat banyak sumur yang kering di sebagian wilayah Aceh Besar, sehingga masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih di Kabupaten tersebut.

Sumur yang kering terjadi di Kemukiman Lamlhom dan Kemukiman Kueh, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar.

"Penyaluran air bersih ini dilakukan di sepuluh gampong di Aceh Besar yang sudah melaporkan terjadinya kekeringan sumur,"kata Kalaksa BPBD Aceh Besar, Farhan AP. di Banda Aceh, Selasa (11/02/2020).

Dikatakannya, penyaluran air bersih dilakukan BPBD usai melakukan pemantauan di wilayah Aceh Besar yang terdiri dari 23 Kecamatan, sekaligus mengecek pos damkar yang ada di sejumlah kecamatan di Kabupaten itu.

Penyaluran air bersih ini, jelas dia, dilakukan atas laporan Imeum Mukim Lamlhom yang menyampaikan sudah lebih dari dua bulan masyarakat harus membeli air untuk kebutuhan sehari-hari.

Setelah pihaknya berkomunikasi dengan Majelis Keuchik dan Mukim (MKT) Lamlhom, maka disepakati untuk menyalurkan air bersih untuk masyarakat Lamlhom dan juga masyarakat Seubun dan Lambaro Seubun.

"Berdasarkan hasil kesepakatan dengan MKT Lamlhom dan instansi pendukung, kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin dua kali seminggu dan akan dilakukan dievaluasi pelaksanaan sambil berjalan,"paparnya.

Keuchik Gampong Meunasah Karieng Lamlhom, Ridwan Ibrahim juga berterimakasih kepada BPBD Aceh Besar atas pasokan air bersih untuk masyarakat.

"Ini sangat membantu karena selama ini masyarakat harus iuran untuk membeli air minum. Mudah-mudahan ini bisa berlanjut sampai dampak kekeringan yang melanda kemukiman Lamlhom ini berakhir,"kata dia.()