Soal Kapan Sekolah di Indonesia Dibuka Kembali Lagi, Ini Infonya

Soal Kapan Sekolah di Indonesia Dibuka Kembali Lagi, Ini Infonya
Foto: Thinkstock/Soal Kapan Sekolah di Indonesia Dibuka Kembali Lagi, Ini Infonya

Jakarta, Acehbisnis.com - Pandemi virus corona mengakibatkan perubahan pada pola aktivitas masyarakat termasuk anak sekolah. Para siswa terpaksa belajar dari rumah dan sekolah tutup untuk menghindari kerumunan dan menekan risiko penularan COVID-19.

Seiring waktu, jumlah pasien yang berhasil sembuh dari COVID-19 meningkat dan beberapa daerah mulai melonggarkan PSBB. Dengan kondisi tersebut, kapan sekolah di Indonesia dibuka kembali lagi dan siswa kembali belajar seperti biasa?

Dalam rilis yang diterima detikcom dari Kemendikbud atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pembukaan sekolah kembali tidak dengan pertimbangan sepihak. Selain pendidikan, faktor kesehatan ikut dipertimbangkan dalam penentuan kapan sekolah di Indonesia dibuka kembali lagi.

"Harus diketahui bahwa Kemendikbud sudah siap dengan semua skenario. Kami sudah ada berbagai macam. Tapi tentunya keputusan itu ada di dalam Gugus Tugas, bukan Kemendikbud sendiri. Jadi, kami yang akan mengeksekusi dan mengoordinasikan," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud Nadiem Anwar Makarim.

Nadiem mengatakan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 juga akan ikut mempertimbangkan metode yang digunakan untuk pembukaan sekolah kembali. Dengan pertimbangan tersebut diharapkan siswa bisa terus belajar sambil menjaga kesehatannya.

Dalam rilis tersebut, Nadiem juga menjawab rumor terkait kabar awal tahun ajaran baru pada Juli 2020 mendatang. Kabar tersebut tidak benar karena keputusannya melibatkan pertimbangan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Kami tidak pernah mengeluarkan pernyataan kepastian, karena memang keputusannya bukan di kami. Jadi mohon stakeholders atau media yang menyebut itu, itu tidak benar," kata Nadiem.

Hingga saat ini tidak diperlukan perubahan tahun ajaran atau tahun akademik terkait kapan sekolah di Indonesia dibuka kembali lagi. Namun perlu penyesuaian metode belajar sesuai kondisi dan status kesehatan masyarakat di tiap wilayah.

Keputusan kapan sekolah di Indonesia dibuka kembali lagi tentunya berbeda dengan negara lain. Filipina memutuskan tidak mengizinkan para siswa kembali ke sekolah hingga vaksin COVID-19 ditemukan.

"Kecuali saya yakin bahwa mereka benar-benar aman, percuma saja membahas soal pembukaan kembali sekolah. Bagi saya, vaksin yang terutama. Kalau vaksinnya sudah ada, maka tidak apa-apa (sekolah dibuka lagi). Jika tidak ada yang lulus, ya biarlah," kata Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Sementara Korea Selatan memutuskan membuka kembali sekolah usai wabah COVID-19 mulai mereda. Namun, para siswa harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku untuk mencegah munculnya kasus baru.

"Sangat menyenangkan bisa bertemu dengan teman dan guru saya secara langsung, tetapi kita harus benar-benar mengikuti pedoman protokol kesehatan.Saya sangat khawatir tetapi menyenangkan melihat mereka lagi," kata Kepala Sekolah Menengah Kyungbock di Seoul Oh Chang-hwa.

Dalam protokol kesehatan tersebut, para siswa berbaris untuk pemeriksaan suhu dan diberi hand sanitizer. Mereka wajib mencuci tangan sebelum para siswa memasuki gedung sekolah. Sementara para guru menyapa mereka dengan senyum dan sesekali salam siku.

Sumber:Detik.com
WTP Pemkab Pidie