Seorang Warga di Tangse Diseruduk Gajah Liar

Seorang Warga di Tangse Diseruduk Gajah Liar
Mahout beserta gajah di Baan Na Klang, Thailand, pada 4 Juni 2020. (AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA)

Pidie, Aceh Bisnis - Seorang warga diseruduk gajah liar saat hendak berkebun di kawasan Gampong Blang Dalam, Kecamatan Tangse, Pidie. 

Akibatnya, korban mengalami cedera di bagian bahu dan dada dan hingga kini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Sigli.

Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto melalui Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe, Kamarudzaman mengungkapkan, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (22/5/2021) kemarin.

"Korban bernama M Daud, kejadiannya saat ke kebun bersama seorang temannya, jarak beberapa meter mereka tidak tahu rupanya ada gajah disitu (dua ekor gajah liar)," ujarnya saat dikonfirmasi Senin (24/5/2021).

Informasi adanya warga yang berkonflik dengan satwa liar dilindungi ini diterima pihak konservasi hingga langsung melakukan penanganan lebih lanjut.

Pihak Konservasi Wilayah I Lhokseumawe juga sempat mengunjungi korban di rumah sakit. Mereka juga menurunkan tim ke lokasi untuk melakukan penggiringan gajah agar kembali ke dalam hutan.

"Sejak kemarin tim sudah turun untuk menganalisa apakah masih ada gajahnya, termasuk berkomunikasi dengan masyarakat karena ini masalah kita bersama, hingga tadi tim masih berada di lokasi untuk melakukan penggiringan," jelasnya.