Selain Baik Untuk Kesehatan, Asman Toga Bernilai Ekonomis

Selain Baik Untuk Kesehatan, Asman Toga Bernilai Ekonomis
Sekda Kota Langsa Syahrul Thaib, SH, M. AP saat membuka acara penilaian lomba Asuhan Mandiri Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) dan Akupresur. (Syahrial/Aceh Bisnis)

Langsa, Aceh Bisnis - Asuhan Mandiri Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) akhir-akhir ini sangat sulit didapati, terlebih lagi bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan.

Padahal manfaat TOGA banyak sekali, diantaranya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi keluhan ringan, memulihkan dan perawatan kesehatan serta meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Contoh TOGA dan manfaatnya diantaranya adalah daun sirih untuk keputihan, daun meniran untuk meningkatkan ASI, kencur untuk batuk, umbi teki untuk gatal-gatal, serta daun kelor untuk anemia.

Selian tidak memiliki efek samping saat mengonsumsi TOGA, ternyata TOGA juga sangat bernilai ekonomis sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang membudidayakan tanaman tersebut.

"Budidaya tanaman obat untuk keluarga juga dapat memacu usaha Kecil dan menengah di bidang obat herbal dan obat tradisional,"demikian dikatakan Sekda Kota Langsa Syahrul Thayib, SH, M. AP saat membuka acara penilaian lomba Asuhan Mandiri Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) dan Akupresur UPTD Puskesmas Langsa Barat, Jum'at (21/6/2019) pagi.

Dikatakannya, tanaman obat keluarga menjadi bahan baku utama untuk pembuatan obat herbal, sehingga tak jarang banyak produsen obat yang membutuhkan tanaman itu.

Lanjutnya, kegiatan penilaian pemanfaatan toga dan akupresur ini dirasa sangat penting untuk dilakukan, mengingat perlombaan ini merupakan penilaian terhadap wujud peran serta masyarakat dibidang kesehatan melalui Upaya Kesehatan Bersumber daya masyarakat (UKBM), oleh karena itu pemanfaatan toga dan akupresur diharapkan dapat menunjang kesehatan masyarakat sebagai upaya preventif, kesejahteraan, keindahan lingkungan, pelestarian tanaman dan budaya serta sebagai sumber penyedia bahan baku obat tradisional bagi masyarakat itu sendiri.

Pada kesempatan yang baik ini, Pemerintah Kota Langsa juga menghimbau agar seluruh rumah tangga di Kota Langsa harus mampu memanfaatkan lahan sekecil apapun, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang, untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan.

WTP Pemkab Pidie