Sektor Pertanian Bisa Atasi Kemiskinan di Aceh Timur

Sektor Pertanian Bisa Atasi Kemiskinan di Aceh Timur
Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Timur membuka forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan rencana kerja Kabupaten (Aceh Timur di Idi, Kamis (18/3/2021). Antara Aceh/HO/Dinas Komunikasi dan Informatika Aceh Timur

Aceh Timur, Aceh Bisnis - Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan pada Sekdakab Aceh Timur Aiyub menyebutkan pembangunan sektor di bidang pertanian menjadi solusi untuk mengatasi angka kemiskinan di daerah itu.

"Isu tentang kemiskinan masih menjadi domain atau ranah dalam berbagai aspek pembangunan. Maka itu selain dari sektor pertanian, sektor perikanan yang merupakan sektor andalan di kabupaten ini juga dapat mengatasi angka kemiskinan," kata Aiyub di Idi, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan Aiyub saat membuka forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan rencana kerja Kabupaten Aceh Timur tahun anggaran 2022.

Aiyub mengatakan forum konsultasi publik tersebut merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah kabupaten secara partisipatif.

Serta menjaring aspirasi, dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan di Aceh Timur.

"Untuk itu kiranya melalui forum konsultasi publik ini dapat diinventarisir dan dirumuskan permasalahan-permasalahan pembangunan," kata Aiyub menyebutkan.

Aiyub juga berharap partisipasi masyarakat, khususnya dalam proses perencanaan merupakan hal yang sangat penting, sehingga dilaksanakan berdasarkan keinginan masyarakat.

"Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan merupakan salah satu wahana pemberdayaan masyarakat untuk berperan dalam proses pengambilan keputusan, dengan melibatkan pemangku penting dalam pemangku kepentingan pembangunan daerah," demikian Aiyub.

Sumber:Antaraaceh