Saweu Sikula, ForJA Abdya Sosialisasi Bahaya Virus Corona

Saweu Sikula, ForJA Abdya Sosialisasi Bahaya Virus Corona

Blangpidie, Aceh Bisnis - Para Wartawan yang tergabung dalam Wadah Forum Jurnalis Kabupaten Aceh Barat Daya (ForJA Abdya) selama dua hari, Jumat - Sabtu (28-29/5-2021) melakukan Saweu Sikula dalam rangka Sosialisasi Pencegahan Virus Corona (Covid-19) di daerah itu.

"Alhamdulillah, kami para Wartawan yang tergabung dalam organisasi ForJA turun ke sekolah untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Virus Corona di kalangan pelajar. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini bisa bermanfaat,"ucap Ketua ForJA Abdya Alman didampingi Sekretaris ForJA Muhammad Taufik kepada AcehBisnis.

Menurutnya, ada tiga sekolah yang didatangi anggota ForJA yakni SLTP Negeri 1 Kecamatan Tangan-tangan pada hari pertama. Kemudian SLTP Negeri 2 Kecamatan Kuala Batee serta SD Mata Ie Kecamatan Blangpidie pada hari kedua.

Ia menjelaskan Covid - 19 merupakan penyakit Infeksi karena Virus Corona yang sangat menular melalui percikan batuk dan bersin. Virus Corona ditularkan melalui percikan cairan mulut hidung orang yang terinfeksi. Kemudian menyentuh tangan atau wajah orang yang sudah sakit termasuk menyentuh mata,  hidung, mulut karena terkena percikan cairan mulut dan hidung yang terinfeksi. 

Saweu Sikula, ForJA Abdya Sosialisasi Bahaya Virus Corona

"Makanya itu harus dihindari untuk mencegah penyebaran Virus Corona ini,"katanya. 

Sementara itu, tindakan yang harus dilakukan untuk mencegah Virus Corona adalah melakukan Isolasi Mandiri dan segera laporkan kepasa Petugas Kesehatan terdekat. Dan tentunya tidak lupa dengan 3 M yakni memakai memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Kegiatan sosialisasi yang kami lakukan bertujuan untuk menerapkan pola hidup sehat serta menjaga jarak agar terhindar dari Covid-19, apalagi saat ini wabah virus corona masih melanda dunia,"ungkapnya.

Menurutnya, ditengah pandemi covid-19 semua pihak penting mengambil andil salam upaya memutuskan mata rantai covid-19. Sebab, kata dia, wabah corona ini tidak memilih pada siapa dia akan terjangkit.

Dalam kegiatan ini, pihaknya turut membagikan masker kepada para siswa dan buku tulis, dan acara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes), serta kegiatan ini juga bentuk kepedulian ForJA untuk membantu pemerintah dalam upaya memutuskan mata rantai virus corona,.

Sementara itu pemateri dalam kegiatan tersebut Husnidar menyebutkan, sosialisasi tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran kepada masyarakat tentang gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna mengantisipasi potensi penyebaran COVID-19.(Yusnizar)