Safari Ramadhan Akan Dilaksanakan di 54 Masjid di Aceh

Safari Ramadhan Akan Dilaksanakan di 54 Masjid di Aceh

Banda Aceh, Aceh Bisnis – Gerakan bersih, rapi, estetis dan hijau (BEREH) dan Gerakan Edukasi Vaksin Covid-19 (Gesid) menjadi tema utama dalam kegiatan Safari Ramadhan di Aceh untuk pelaksanaan tahun ini. Kegiatan tersebut mulai digerakkan pada hari kelima puasa atau tepatnya pada tanggal 17 April 2021 mendatang di 54 masjid di seluruh Aceh.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, dalam rapat virtual persiapan Safari Ramadhan 1442 Hijriah dan Pelantikan Pengurus Korpri Kabupaten/Kota se-Aceh, dari ruang rapat kerjanya di Kantor Gubernur Aceh, Kamis (1/4).

Demi suksesnya kegiatan tersebut, kata dia, berbagai unsur akan dilibatkan, terutama elemen penting yang bertanggung jawab di wilayah masjid yang akan dilaksanakan Safari Ramadhan oleh Pemerintah Aceh.

Unsur tersebut antara lain meliputi Camat, Imam Masjid, Kepala Sekolah, Keuchik Gampong, Kepala Puskesmas SMA/SMK, beserta guru dan penceramah. Nantinya per masjid akan dikoordinir kegiatan tersebut oleh setiap Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) yang ditugaskan.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto mengatakan, pelaksanaan Safari Ramadhan kali ini tidak hanya diisi dengan tausiah, buka puasa dan shalat taraweh bersama. Tapi juga diisi dengan ragam kegiatan sosial yang memberi manfaat bagi kepentingan orang banyak.

“Safari kali ini juga diisi dengan kegiatan sosial seperti gotong royong pembersihan fasilitas masjid, terutama tempat wudhu dan toilet. Kemudian juga dilakukan penghijauan lingkungan masjid. Ini tentu berbeda karena tidak pernah dilakukan pada safari sebelumnya,”ujar Iswanto.

Iswanto menjelaskan, kegiatan gotong royong pembersihan dan penghijauan itu dilaksanakan agar gerakan BEREH atau bersih, rapi, estetis dan hijau yang dicanangkan Pemerintah Aceh dapat menyentuh tempat-tempat ibadah di Aceh. Sehingga masyarakat pun dapat beribadah dengan nyaman.()