RX-King Laku Rp 125 Juta, Padahal Sudah Berkarat

RX-King Laku Rp 125 Juta, Padahal Sudah Berkarat
Yamaha RX-King terjual Rp 125 juta. Foto: Dok. Arif King Priok

Jakarta, Aceh Bisnis - Di media sosial sedang ramai lagi sebuah Yamaha RX-King terjual Rp 125 juta. Motor itu dinilai mahal karena masih original. Bahkan, tangki motor yang sudah berkarat pun masih dipertahankan.

Pemiliknya yang dikenal dengan nama Arif King Priok rela melepas RX-King kesayangannya seharga Rp 125 juta. Originalitas motor yang merupakan incaran para kolektor ini menjadi nilai mahalnya.

"Ini masih orisinil catnya. Rata-rata mereka cuma dokumennya aja, barangnya udah nggak orisinil, udah restorasian. Ini kan walaupun catnnya udah karat-karat gitu, tapi masih orisinil, masih gagah, masih khas banget lah. Dan orang nggak ada yang punya," ujarnya kepada detikcom, Kamis (25/2/2021).

Dia menyebut, RX-King tahun 1983 ini merupakan salah satu motor incaran koleksi. Makanya, pembelinya rela menebus dengan harga Rp 125 juta.

Tapi, kenapa tangki karatannya masih dipertahankan? Menurut Arif, di situlah nilai originalitasnya. Dia tidak ingin mengecat ulang tangkinya karena tidak mau kehilangan originalitas.

Yamaha RX-King Dijual Rp 125 Juta Foto: Dok. Arif King Priok


"Justru karatnya itu yang bikin orang, 'Wow.' Vespa juga ratusan juta kan begitu. Itu benar-benar nggak saya apa-apain, dapatnya gitu ya tangkinya nggak saya pernis," ucap Arif.

Meski mempertahankan tangkinya yang berkarat, sebelum motor ini dijual Arif mengaku selalu melakukan perawatan rutin. Misalnya, karat itu dilapisi gemuk agar tak keropos.

"Jadi perawatannya kalau saya mau tutup dikasih gemuk dulu, baru ditutup lap, baru saya kerudungin. Itu biar nggak karantnya kering. Kalau karatnya kering lama-lama kemakan dia, kalau ada basah gemuk itu kan dia nggak kering. Biar nggak bolong," kata Arif.

Mungkin, motor yang sampai berkarat ini bagi orang awam tidak bernilai. Tapi menurut Arief, meski berkarat motor ini menjadi incaran penghobi otomotif, khususnya Yamaha RX-King.

"Kalau orang udah penghobi otomotif, udah layak banget itu. Orang saya yakin masih bisa di atas itu kok. Jadi kan ktia bisa lihat, RX-King mahal, mahalnya di mana. Jadi relatif lah. Mungkin kalau bukan penghobi otomotif ya mungkin dia bilang begitu. Tapi begitu dia benar-benar hobi di otomotif, masih layak banget lah," sebutnya.

Sumber:detik.com