Renault Kwid Listrik Diperkenalkan, Harganya Cuma Rp 120 Jutaan

Renault Kwid Listrik Diperkenalkan, Harganya Cuma Rp 120 Jutaan
Foto: CartoqRenault Kwid Listrik Diperkenalkan, Harganya Cuma Rp 120 Jutaan (Foto: cartoq)

Jakarta - Merek otomotif asal Perancis, Renault resmi memperkenalkan mobil listrik pertamanya di India pada ajang Auto Expo 2020. Mobil listrik ini mengambil basis desain dari model yang sudah eksis sebelumnya, Renault Kwid. Renault Kwid juga dipasarkan di Indonesia oleh PT Maxindo Renault Indonesia (MRI).

Lantas seperti apa spesifikasi Renault Kwid ramah lingkungan ini?

Mengutip laman Cartoq, Renault Kwid versi listrik mengusung nama K-ZE. Saat baterai terisi penuh, K-ZE diklaim bisa menempuh jarak hingga 271 km. Mobil ini menggunakan transmisi otomatis dan bisa mencapai kecepatan maksimum 105 km/jam.

Kendati baru diperkenalkan di India, Renault K-ZE sudah tersedia di pasar China. Renault K-ZE dibanderol 61.800 yuan atau setara 120.900.000 rupiah. Harga tersebut cukup terjangkau untuk sebuah mobil listrik bertenaga baterai penuh.

Di pasar India sendiri, Renault K-ZE diperkirakan akan diluncurkan secara komersial di India pada tahun 2021-2022.

Renault K-ZE akan bersaing dengan mobil-mobil listrik buatan Tata Motors, Mahindra, dan beberapa merek yang juga bakal ikut menelurkan mobil listrik seperti Suzuki, Hyundai, termasuk MG Motors, dan Nissan yang disebut akan meluncurkan LEAF.

Di Indonesia sendiri PT MRI cukup rajin mendatangkan model-model terbaru Renault dari India. Terakhir pada ajang GIIAS 2019, PT MRI membawa model Kwid Climber dan Renault Triber.