Ratusan Warga Abdya Ikut Seminar Nasional Kementerian Kominfo

Ratusan Warga Abdya Ikut Seminar Nasional Kementerian Kominfo
Ratusan Warga Kabupaten Abdya Mengikuti Seminar Nasional. Foto AcehBisnis / Yusnizar

Blangpidie, AcehBisnis - Ratusan warga dari sejumlah Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Jumat (9/8/2019) pagi di Aula Hotel Arena Motel Blangpidie mengikuti Seminar Nasional yang diadakan oleh Kementerian Kominfo RI bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti).

Seminar Nasional yang diselenggarakan tersebut didukung oleh pihak anggota DPR RI Teuku Rifky Harsya. Dengan mengambil tema "Merajut Nusantara Peluang dan Tantangan Generasi Milenial di Era Digital", berlangsung sehari penuh. Untuk memeriahkan kegiatan itu, panitia juga mengikutsertakan penampilan Tari Ratoh Jaro dari Sanggar Seni Sigupai Abdya.

Sementara ada tiga nara sumber dalam acara tersebut adalah Aidil Mashendra, Tenaga Ahli DPR RI, Junaidi, Dosen Teungku Dirundeng Meulaboh Aceh Barat dan Ahmad Jauhari dari Kementerian Kominfo RI.

Ahmad Jauhari dari Kementerian Kominfo RI menyebutkan, dalam Era Digital ini ada peluang dan tantangan seperti tersebut dalam tema Merajut Nusantara. "Ada banyak yang bisa diambil dalam kemajuan Era Digital ini termasuk dalam hal berbisnis,"kata Ahmad Jauhari.

Menurutnya, dampak dari perkembangan informasi yang sangat cepat mampu dirasakan oleh seluruh masyarakat, serta majunya laju pertumbuhan ekonomi di desa menjadi hal yang sangat dominan, dari mulai pasar, bisnis komersil dan banyak lagi yang lainnya menjadikan peluang bagi seluruh kalangan, khususnya pasar teknologi industri yang akhir-akhir ini menjadi issue strategis untuk pengembangan bisnis ataupun penguatan kapasitas SDM demi terwujudnya cita-cita bersama.

Sementara itu, Aidil Mashendra pada kesempatan itu mengatakan, berbicara masalah Era Digital sudah tidak dapat dielakkan lagi. Karena tujuannya untuk kemajuan kedepan. "Kemajuan di Era Digital sebenarnya sangat bagus untuk kemajuan ekonomi kita. Namun dibalik itu ada juga musibahnya termasuk bagi kaum milenial kita,"sebut Aidil Mashendra.

Namun yang terpenting adalah bagaimana seorang milenial itu mengambil peluang yang ada dari kemajuan Era Digital ini. Misalkan seperti berbelanja online.

"Kita sekarang sudah bisa tahu pakaian yang ada. Berapa harga, motif baju. Artinya era ini mempermudah tapi ada mudarat juga. Namun yang terpenting bagaimana kita memanfaatkan era digital ini dengan baik,"kata dia.

Pun demikian, ada juga orang bisa mengambil keuntungan dengan Era Digital. Termasuk ada juga orang masuk penjara karena menyebar berita hoax karena kemajuan Era Digital ini. Artinya para kaum milenial harus pandai-pandai memanfaatkan kemajuan ini.()