Punya Wajah Baru, Honda BR-V Masih Melempem

Punya Wajah Baru, Honda BR-V Masih Melempem
Honda BR-V. Foto: PT Honda Prospect Motor

Jakarta, Aceh Bisnis - Nasib Honda BR-V belum berubah banyak. Padahal Honda sendiri baru saja mengenalkan BR-V dengan tampilan yang lebih segar pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) April lalu. Honda pertama kali meluncurkan BR-V pada tahun 2016. Kala itu, antusias masyarakat akan BR-V cukup terlihat.

Secara penjualan, pada tahun pertamanya Honda BR-V mampu membayangi rivalnya yakni Rush. Dikutip dari data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada tahun pertamanya itu, rata-rata setiap bulannya Honda bisa mendistribusikan 3.223 unit BR-V. Total selama 2016, 38.666 unit BR-V didistribusikan ke diler Honda dari pabriknya.

Kemudian masuk tahun kedua, distribusi Honda BR-V langsung turun drastis. Tahun 2017, 21.392 unit BR-V terdistribusi ke seluruh Indonesia.

Kondisi Honda BR-V belum juga pulih di tahun ketiganya. Bukannya naik, penjualan Honda BR-V tahun 2018 justru semakin turun. Penurunannya sangat drastis dari 21.392 unit menjadi 9.140 unit pada 2018.

Honda BR-V Foto: Ruly Kurniawan

Wajah Honda BR-V yang tak berubah banyak sejak tahun pertamanya, ditengarai menjadi salah satu sebab penjualannya kian menurun. Kemudian Honda mulai berbenah, wajah BR-V sedikit dipoles. Bemper, spoiler di bagian depan hingga penambahan lampu LED DRL juga garnish fog lamp diharapkan memikat masyarakat Indonesia hingga bisa meningkatkan penjualan BR-V.

Namun nyatanya wajah dan fitur baru di dalam BR-V belum memberikan efek yang signifikan. Tercatat sejak wajah barunya meluncur April 2019 hingga saat ini secara total Honda baru mengirimkan 1.917 unit BR-V ke seluruh dilernya.

Honda BR-V. Foto: PT Honda Prospect Motor

Jika pada saat pertama kali diluncurkan Honda bisa melepas 6.000-an unit BR-V per bulannya, kini menembus 1.000 unit pun sulit. Distribusi Honda BR-V paling banyak terjadi pada bulan Juni 2019 yakni sebanyak 610 unit. Sementara pada Juli 2019, jumlah distribusinya kembali menurun menjadi 463 unit.

WTP Pemkab Pidie