PSGA UIN Ar-Raniry Gelar Workshop Pendampingan Penulisan Artikel Responsif Gender

PSGA UIN Ar-Raniry Gelar Workshop Pendampingan Penulisan Artikel Responsif Gender

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lembaga Penelitian kepada Masyarakat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh gelar Workshop Pendampingan Penulisan Artikel Rensponsive Gender di Jurnal Berbahasa Indonesia, Kegiatan tersebut berlangsung 5-6 April 2021 di Aula LPM UIN Ar-Raniry.

Kepala PSGA LP2M UIN Ar-Raniry, Dr. Nashriyah, mengatakan, workshop tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan motivasi kepada civitas akademika untuk publikasi artikel ilmiah yang berkualitas.

Selanjutnya, setelah kegiatan para peserta diharapkan dapat memperkuat keterampilan serta teknik publikasi hasil penelitian yang memenuhi standar jurnal terakreditasi nasional maupun internasional, dan dapat memahami lebih dalam mengenai perspektif gender dan anak serta bagaimana bagaimana merealisasikan perspektif tersebut dalam tulisan.

“Workshop ini diharapkan para dosen nantinya dapat lebih termotivasi dalam menghasilkan karya tulis ilmiah, dan dapat meningkatkan keterampilan para dosen dalam mengubah hasil penelitian menjadi artikel yang layak dipublikasi pada jurnal terakreditasi,” ujar Nashriyah disela kegiatan, Senin (5/4/2021)

Nashriyah menambahkan, hasil lainnya yang diharapkan antara lain dapat meningkatkan pemahaman dosen mengenai perspektif gender dan anak dan dapat meningkatkan jumlah jurnal terkait gender dan anak yang berkualitas.

Dia menyebutkan, peserta berjumlah 40 orang, terdiri dari 28 dosen dan mahasiswa di LIngkungan UIN Ar-Raniry, 8 orang para tutor pendamping dan 4 orang undangan dari luar UIN Ar-Raniry. Workshop bersifat deep discussion yang mana pemateri akan memberikan bombingan secara personal dengan metode teknis dan praktis.

Mewakili Rektor, Ketua LP2M UIN Ar-Raniry, Dr. Mukhlisah saat membuka acara mengatakan, kegiatan publikasi ilmiah sangat relevan dengan misi perguruan tinggi untuk terus memperkaya pengetahuan dan pendidikan melalui hasil-hasil penelitian yang lakukan.

“Penelitian yang dilakukan para akademisi dapat membantu perguruan tinggi untuk terus mengikuti dinamika perkembangan ilmu pengetahuan yang terus berkembang pesat,” ujarnya.

Ditambahkan, Pimpinan UIN Ar-Raniry mendorong para dosen untuk melakukan penelitian kolaborasi dengan mahasiswa, sebab manfaatnya selain proses dapat dilakukan lebih cepat dan kualitasnya dapat lebih baik. Penelitian seperti itu juga dapat dilakukan dengan kolaborasi dengan kampus yang berbeda.

Mukhlisah mengharapkan kepada peseta agar dapat serius mengikuti kegiatan tersebut, sehingga cita-cita perguruan tinggi dalam meningkatkan minat dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian dan publikasi ilmiah dapat terwujud dengan baik.()