Proses Lelang Sejumlah Proyek Dinilai Mengambang

Proses Lelang Sejumlah Proyek Dinilai Mengambang
Direktur CV Bahtera, M.Ichsan

Aceh Tamiang, Acehbisnis.com - Pelaksanaan Proses lelang, sejumlah proyek tender tahun anggaran 2020 dinilai mengambang. Pasalnya, beberapa proyek tender pembangunan jalan dinilai kurang transparannya panitia lelang barang dan jasa Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dalam tahapan penawaran, serta pembatalan lelang dua proyek pengaspalan jalan. 

Direktur CV Bahtera, M.Ichsan kepada AcehBisnis, Selasa (17/3) di Karang Baru,  menyatakan, seperti dua proyek tender yang dibatalkan yakni, pembangunan jalan Paya Awe – Paya Kulbi sumber dana Otsus 2020 serta pembangunan jalan Simpang Tugu Upah – Simpang Empat Upah (Otsus 2020).

" Dua proyek ini dinilai membingungkan ketika dilihat dari jadwal tahapan lelang tiba-tiba saja  dinyatakan tida ada jadwal. Hanya sebatas itu keterangannya,"Kata Ichsan.

Disebutnya, pembatalan kedua pekerjaan tersebut hingga saat ini belum diketahui apa yang menjadi penyebabnya. pihaknya yang ikut serta dalam proses tender kegiatan dimaksud tidak menerima penjelasan secara detail terhadap pembatalan proses tender atau dalam penentuan pemenang lelang.

Menurut Ichsan, dalam tahapan jadwal penawaran diduga terdapat kejanggalan pada pelaksanaan lelang terlebih dalam tahapan pembatalan pemenang dilakukan tanpa ada keterangan tahapan hasil evaluasi dokumen. “ Kemudian, pembatalan pemenang atau tidak ada jadwal yang seharusnya disampaikan sebelum memasuki jadwal penetapan pemenang. Bahkan disampaikan setelah jadwal evaluasi dan pemenang,”ujar Ichsan.

Padahal, lanjut Ichsan,  dalam Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang barang dan jasa pemerintah dijelaskan,  pada Pasal 6 antara lain menyatakan, bahwa pengadaan barang/jasa menerapkan prinsip efesien,efektif,terbuka,bersaing adil dan akuntabel serta semua pihak wajib memenuhi etika pengadaan sebagaimana diatur pada Perpres tersebut.

" Sangat disayangkan, saat ini kedua proyek pemerintah ini harus dilakukan pelelangan kembali oleh panitia lelang barang dan jasa Pemkab Aceh Tamiang,"Tutur Ichsan seraya mengatakan  berharap proses tender untuk pekerjaan lainnya yang masih berjalan harus benar-benar dilaksanakan sesuai aturan serta lebih terbuka. 

Terkait masalah tersebut, Plt Kabag Barang dan Jasa Sekretariat Kabupaten Aceh Tamiang, Haroun,SE belum dapat diperoleh keterangan dan penjelasannya. meski sudah dihubungi melalui telpon selulernya. ()

HIMBAUAN FORKAMPIDA ACEH
IKLAN CORONA pemrpov aceh