Polresta Banda Aceh Kerahkan 300 Personel Amankan Malam Lebaran

Polresta Banda Aceh Kerahkan 300 Personel Amankan Malam Lebaran
Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto

Banda Aceh, Acehbisnis.com - Dalam mengamankan malam lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, Polresta Banda Aceh akan mengerahkan personelnya yang berjumlah sebanyak 300 personel, selain dari TNI dan instansi terkait lainnya.

Hal ini diungkapkan Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto di Mapolresta Banda Aceh, Jumat (22/5/2020) kemarin.

"Selain kami plotkan untuk menjaga pelaksanaan malam hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah, besoknya personel juga diarahkan memantau keamanan di pemukiman warga selama ditinggalkan kosong pemiliknya saat melaksanakan salat Ied," kata Trisno.

Dirinya pun mengatakan, pihaknya tetap meminta masyarakat untuk tetap patuh dan taat mengikuti instruksi pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19.

Instruksi pemerintah yang dimaksud adalah agar melaksanakan salat Ied di rumah serta tidak mudik dan selalu menjaga jarak (physical distancing), dimana sebagai pencegahan dari penyebaran dari Covid-19. 

Terkait masyarakat yang tetap ingin melaksanakan salat Idul Fitri di masjid, lanjut Kapolresta, pihaknya mengimbau kepada pengurus masjid di kota Banda Aceh untuk tetap menjaga jarak di dalam shaf salat dan setiap jemaah diimbau untuk mengenakan masker. 

"Pagi Minggu kami bersama Dandim 0101/BS pukul 06.00 WIB akan standby dan melaksanakan apel di masjid, selanjutnya melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Raya Baiturrahman sebelum para jemaah memasuki masjid untuk beribadah," ungkapnya.

Lalu, sebutnya, untuk personel Polresta Banda Aceh dan Kodim 0101/BS akan disiagakan di pintu gerbang masuk ke Masjid Raya Baiturrahan serta akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh setiap jemaah yang hendak mengikuti salat Ied berjemaah. 

"Setiap jemaah diimbau untuk mengenakan masker, kalau memang tidak ada masker akan diberi masker," tuturnya. 

Kapolresta Banda Aceh berharap, kalau ada jemaah atau warga yang kurang sehat, sebaiknya melaksanakan ibadah di rumah. Selain itu, di dalam pemeriksaan suhu tubuh jemaah yang suhu badannya mencapai 38 derajat Celcius akan didata dan diminta untuk pulang.

"Tolong ikuti instruksi pemerintah dalam rangka pencegahan Covid-19, kami juga akan mengimbau setiap warga yang tidak mengindahkan instruksi pemerintah. Karena apa yang kita lakukan ini untuk kepentingan orang banyak dan kepentingan bersama," Kombes Pol Trisno Riyanto.

Terkait rumah yang akan ditinggalkan kosong oleh pemiliknya, sambung Kapolresta lagi, akan dipantau oleh personel patroli kota dan petugas dari satuan lainnya.

Pihaknya juga meminta setiap jemaah untuk selalu siaga, sebelum meninggalkan rumahnya dan pastikan setiap barang elektronik yang berhubungan dengan arus listrik agar dicabut. 

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya korsleting arus listrik sehingga menyebabkan kebakaran di pemukiman saat warga tengah melaksanakan salat.

"Selama ini personel kita memang rutin melaksanakan patroli. Tapi, kali ini berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri akan kita tingkatkan lagi," sebut Kapolresta.

Ia pun mengharapkan kembali kerja sama dan partisipasi semua pihak, terkait dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dari pemerintah serta menjaga lingkungan tetap aman, nyaman, damai dan tenteram.