Polisi Tangkap Satu Kapal Asing yang Mencuri Ikan di Kuala Langsa

Polisi Tangkap Satu Kapal Asing yang Mencuri Ikan di Kuala Langsa
ilustrasi Kapal Nelayan

Banda Aceh - ÔÇÄBKO Polairud Mabes Polri menangkap satu unit kapal asing yang mencuri ikanÔÇÄ di wilayah perairan Indonesia, Minggu (8/10/2017) kemarin. Kapal yang diketahui dari Malaysia tersebut bernomor lambung kapal KHF 1338.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak melalui Kabid Humas, Kombes Pol Goenawan mengatakan, kapal asing yang diketahui bermuatan lebih kurang 300 kilogram tersebut ditangkap di perairan wilayah Kuala Langsa, Langsa.

"Tepatnya di titik koordinat 04 59.638 N - 98.46.540 E, lebih kurang 40 mil dari bibir Pantai Kuala Langsa, Kecamatan Kuala Langsa, Langsa," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (9/10/2017).

Kabid Humas menjelaskan, penangkapan kapal asing tersebut berawal saat personel BKO PolairudÔÇÄ Mabes Polri yang dipimpin AKP Ambar saat itu tengah berpatroli menggunakan Kapal Anis Madu-3009 dan melihat adanya kapal asing berbendera Malaysia yang melewati batas wilayah perairan Indonesia.

"ÔÇÄSetelah ditangkap dan diperiksa, kapal tersebut berasal dari negara Malaysia dengan Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 5 orang yang terdiri dari 2 orang dari Thailand dan 3 orang lainnya berasal dari Myanmar," ungkapnya.

Sekira pukul 14.00 WIB kemarin, sambung Kombes Pol Goenawan, kapal asing Malaysia tersebut diamankan dan disandarkan ke Pelabuhan Kuala Langsa beserta nahkoda dan ABK-nya untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"Untuk identitas ABK-nyaÔÇÄ belum diperoleh laporan. Dari hasil koordinasi dengan pihak Polairud Mabes Polri, identitas ABK kapal belum bisa disampaikan karena masih menunggu petunjuk dari pimpinan dan masih dalam proses BAP," jelasnya.

Pihak kepolisian menduga, masih banyak pelaku pencurian ikan di perairan Indonesia yang dilakukan oleh warga negara asing.

"Menurut informasi dari personel BKO Polairud Mabes Polri, tidak menutup kemungkinan bahwa kapal yang ditangkap tersebut adalah kapal pengangkut barang ilegal dari luar negeri ke Indonesia yang berkedok sebagai pencuri ikan," tambah Kombes Pol Goenawan.

HIMBAUAN FORKAMPIDA ACEH
IKLAN CORONA pemrpov aceh