PLTA Peusangan Senilai Rp 5 Triliun Ditargetkan Beroperasi 2023

PLTA Peusangan Senilai Rp 5 Triliun Ditargetkan Beroperasi 2023Acehbisnis.com
Meninjau proyek PLTA Peusangan, Aceh Tengah.

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Peusangan senilai Rp 5 trilyun di Kabupaten Aceh Tengah di targetkan siap beroperasi di tahun 2023.

Proyek PLTA Peusangan 1 dan 2 di Aceh Tengah terus dipacu pengerjaannya. "Kita target di 2023 akan efektif mendistribusikan energi di 2023,"kata General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah Aceh, Abdul Mukhlis di Aceh Tengah.

Peryataan tersebut disampaikannya kepada para jurnalis usai melihat langsung proses pembangunan PLTA Peusangan, yang berada di Aceh Tengah, Selasa (6/4/2021). 

Ia juga menjelaskan, pada 2023 energi yang dihasilkan PLTA Peusangan 1 dan 2 akan masuk sistem untuk memenuhi kebutuhan listrik di Provinsi Aceh.

"PLTA Peusangan akan mampu menghasilkan energi listrik sebesar 88 Mega Watt yang nantinya akan meningkatkan kehandalan listrik di Aceh,"jelas dia.

Pembangunan PLTA Peusangan tersebut, kata dia, jika dilihat dari luar memang tidak ada gerakan pembangunan, namun di dalam terowongan sudah banyak perkembangannya seperti pembuatan peletakan turbin di power house.

“Di dalam terowongan yang kita lalui sepanjang satu kilometer dengan kedalaman 120 meter dari permukaan tanah tersebut banyak pekerja yang sedang melakukan pengelasan untuk tempat penempatan turbin dan kelengkapan lainnya,”paparnya.

Selain itu, jelas Abdul Mukhlis, kehadiran PLTA Peusangan tersebut akan ikut mendukung investasi.

Sementara itu, Asisten Manajer Bagian Teknik pada UPP KITSUM 5 PLTA Peusangan Rahadiarta Wirawibawa mengatakan, PLTA Peusangan tersebut telah memasuki progres pembangunan sekitar 84 persen.

"PLTA 1 dan 2 Peusangan tersebut memiliki investasi dengan total sekitar Rp5 triliun,"ujar Rahadiarta kepada wartawan di Aceh Tengah.

Selain meninjau PLTA Peusangan, rombongan juga mengunjungi PLTMH Angkup II di Gampong Pepayungan Angkup, Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Manajer Komunikasi PLN Aceh, T. Bahrul Halid, Asisten Manajer Manajemen Stakeholder PLN Aceh, Mukhtar Juned, Asisten Manajer Teknik pada UPP KITSUM 5 PLTA Peusangan, Rahadiarta Wirawibawa, dan sejumlah pihak lainnya.()