Plt Gubernur: Perlu Tingkatkan Kewaspadaan Dini untuk Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Plt Gubernur: Perlu Tingkatkan Kewaspadaan Dini untuk Antisipasi Penyebaran Virus CoronaAcehbisnis.com
Nova Iriansyah

Banda Aceh, Acehbisnis.com - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menegaskan perlu upaya dan kewaspadaan bersama untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.

Apalagi, kata Nova, virus yang lebih dikenal dengan Corona itu telah menginfeksi dua warga Indonesia di Depok Jawa Barat. 

"Perlu upaya penanggulangan yang lebih aktif dalam bentuk peningkatan kewaspadaan dini, kesiapsiagaan, serta tindakan antisipasi pencegahan, deteksi, pengobatan, dan respons lain yang diperlukan," kata Nova.

Peryataan itu disampaikannya dalam pernyataan tertulisnya yang dibacakan Sekda Aceh, Taqwallah, pada konferensi pers di Banda Aceh, Rabu (4/3/2020).

Untuk itu, Nova menginstruksikan seluruh pejabat SKPA serta Wali Kota dan Bupati se Aceh untuk meningkatkan komunikasi, informasi, dan edukasi kesehatan kepada masyarakat secara berkala. "Terutama kepada masyarakat yang akan berpergian ke wilayah terjangkit, dengan materi pencegahan penyebaran penyakit melalui praktek perilaku hidup bersih dan sehat dan antisipasi penularan".

Untuk itu, tambah dia, para pihak terkait juga diminta melakukan antisipasi, deteksi, serta respon terhadap penumpang di bandara dan pelabuhan laut terutama penumpang internasional.

Nova juga meminta pejabat terkait untuk menyiapkan fasilitas pelayanan kesehatan perawatan dan rujukan serta fasilitas penunjang seperti laboratorium dan bahan logistik kesehatan yang diperlukan beserta jejaringnya secara terpadu. 

"Terus berkomunikasi secara intensif dengan para pihak yang berkepentingan, baik di pusat maupun daerah, sesuai dengan tugas dan fungsinya guna mencegah penyebaran Infeksi COVID–19 di wilayah Aceh,"pungkasnya.().

HIMBAUAN FORKAMPIDA ACEH
IKLAN CORONA pemrpov aceh