Plt Gubernur Optimis Kapal Aceh Hebat 1 Akan Selesai Tepat Waktu

Plt Gubernur Optimis Kapal Aceh Hebat 1 Akan Selesai Tepat Waktu
Plt Gubernur Optimis Kapal Aceh Hebat 1 Akan Selesai Tepat Waktu

Banda Aceh - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, optimis Kapal Aceh Hebat 1 akan selesai tepat waktu.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Gubernur, usai meninjau lokasi pembuatan Kapal Aceh Hebat I di galangan kapal PT Multi Ocean Shipyard, di Tanjung Balai Karimun, Selasa (11/2/2020).

"Setelah mendengar penjelasan dan melihat langsung perkembangan pengerjaan kapal Aceh Hebat I, saya optimis Aceh Hebat 1 akan selesai tepat waktu, bahkan lebih cepat"kata Nova.

Dikatakannya, progres rencana pembangunan Kapal Aceh Hebat I itu 39 persen. Saat ini realisasi sudah 45 persen. "Kita optimis pengakhiran pengerjaan ini tidak akan melampaui target, yaitu di bulan Desember 2020 ini," kata Nova.

Melihat progres pengerjaan, Plt Gubernur bahkan optimis Kapal Aceh Hebat I yang berbobot mati 1.300 GT ini akan selesai di akhir November 2020. "Jika akhir November selesai dibangun, kemudian melakukan serangkaian tes dan dikirim ke Aceh, maka Kapal Aceh Hebat I akan menjadi kado atau hadiah akhir tahun, bagi masyarakat yang selama ini menggunakan jasa pelayaran dari Labuhan Haji-Simeulue dan Kuala Bubon-Simeulue, demikian pula sebaliknya," ujar Nova.

" Alhamdulillah, belum ada kendala berarti. Namun, saya juga berpesan kepada PT MOS dan manajer di lapangan, untuk mulai mengantisipasi hal-hal tak terduga yang mungkin menjadi penghambat pengerjaan," sambung Nova.

Plt Gubernur juga berpesan kepada PT MOS agar segera mengabarkan jika menemukan kendala pembangunan Kapal Aceh Hebat I. "Dengan demikian, Pemerintah Aceh akan mengabarkan kepada khalayak, sehingga masyarakat Aceh akan paham dan memaklumi. Tapi sejauh ini semua berjalan lancar dengan progres pembangunan yang cukup menggembirakan,"pungkasnya.

Panjang keseluruhan Kapal Aceh Hebat 3 mencapai 69,6 meter, lebar 15,10 meter. Dengan ukuran sebeaar itu, maka kapal yang memiliki jarak tempuh sejauh 120 mil laut ini mampu mengangkut sebanyak 250 penumpang. Selain itu, kapal berkecepatan 13 knot ini mampu mengangkut 12 unit truk berkapasitas 10 ton, 13 unit truk berkapasitas 8 ton dan 8 unit sedan, dalam sekali pelayaran.(adv)