Petugas BKSDA Aceh Amankan Satu Ekor Owa Dari Warga

Petugas BKSDA Aceh Amankan Satu Ekor Owa Dari Warga
BKSDA Aceh Sita Owa (AcehBisnis)

Banda Aceh - Petugas Polisi Kehutanan (Polhut) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bersama personel Polsek Geulumpang Tiga, berhasil mengamankan satu ekor owa pada Jumat (13/10/2017) sekira pukul 14.49 WIB.

ÔÇÄTim yang dipimpin langsung Kasat Polhut, Kurniady bersama aparat Polsek Geulumpang Tiga, berhasil mengamankan satu owa yang diserahkan oleh warga Gampong Sukon Mesjid Meunasah Keutapang, Kecamatan Geulumpang Tiga, Kabupaten Pidie kepada Tim BKSDA Aceh.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, owa yang dilindungi itu diserahkan oleh seorang warga gampong setempat bernama Syarifah Hanum (36).

Ia mengaku sudah memelihara owa tersebut sejak dua tahun lalu. "Usianya kurang lebih 4 tahun dan berjenis kelamin betina,"jelas Sapto, kepada wartawan, di Banda Aceh, Minggu (15/10/2017).

"Dari pengakuan warga (pemilik), owa ini ditemukan di hutan. Setelah kita lakukan pendekatan secara persuasif dan memberitahukan aturan-aturan yang ada bahwa ini termasuk satwa dilindungi, akhirnya si pemilik bersedia menyerahkannya,"jelas Sapto.

Dikatakannya, primata yang masih satu keluarga dengan siamang ini kemudian dibawa ke kantor BKSDA Aceh di Banda Aceh untuk dirawat sebelum nantinya dilepasliarkan kembali ke hutan.

"ÔÇÄSaat ini, personel masih dalam perjalanan ke Banda Aceh. Owa itu nantinya diperiksakan dahulu kesehatannya oleh dokter hewan dan akan kita lepas menurut arahan dokter. Mungkin owa ini akan dilepasliarkan di Jantho nanti,"pungkasnya.

HIMBAUAN FORKAMPIDA ACEH
IKLAN CORONA pemrpov aceh