Peringatan 16 Tahun Tsunami Aceh Digelar di 2 Tempat

Peringatan 16 Tahun Tsunami Aceh Digelar di 2 Tempat

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat akan menggelar peringatan 16 tahun Tsunami Aceh pada Sabtu 26 Desember 2020 di Stadion Harapan Bangsa dan Anjong Monmata, Banda Aceh.

Agenda utama peringatan ini adalah “Tafakur” dan “Tasyakur” dalam bentuk doa, zikir bersama, santunan anak yatim dan tausiyah yang akan disampaikan oleh Syekh Ali Jaber.

Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin mengatakan, peringatan kali ini digelar bersamaan dengan terjadinya penyebaran virus Corona atau Covid-19, sehingga perlu dilakukan secara terbatas.

"Tapi tidak mengurangi makna spiritual peringatan itu sendiri,"kata Jamaluddin.

Ia juga mengatakan, meskipun kejadian tsunami di Aceh telah menyisakan kenangan buruk bagi masyarakat Aceh, namun semangat masyarakat dari tahun ke tahun semakin membaik dan mampu bangkit kembali menyongsong kehidupan yang lebih baik secara ekonomi dan sosial budaya.

"Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bersama stakeholder terkait lainnya setiap tahun melaksanakan kegiatan peringatan tsunami sebagai wujud refleksi dan semangat untuk membangun Aceh kembali pasca bencana melalui 4 filosofi, yaitu refleksi, apresiasi, mitigasi dan juga promosi Aceh,"papar dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani mengatakan, peringatan 16 Tahun Tsunami Aceh digelar secara sederhana dengan jumlah tamu undangan yang terbatas karena di masa pandemi Covid-19.

"Karena sedang dalam keadaan pandemi Covid-19, maka peringatan 16 Tahun Tsunami tersebut akan digelar secara sederhana melalui pendekatan daring atau online dan luring atau offline dengan kegiatan tausiyah yang akan disampaikan oleh Syekh Ali Jaber,"pungkas Rahmadhani.

Peringatan tsunami kali ini mengusung tema “Refleksi Tsunami dan Kekuatan Masyarakat Aceh Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19".()