Pengakuan Dokter di India: Orang Megap-megap di Jalanan Seperti Ikan

Pengakuan Dokter di India: Orang Megap-megap di Jalanan Seperti Ikan
Foto: AP/Ajit Solanki

Jakarta, Aceh Bisnis - Selama lima hari berturut-turut India mencetak rekor penambahan kasus COVID-19 tertinggi di dunia. Pada hari Senin (26/4/2021), ada 352.991 kasus Corona baru yang terkonfirmasi dengan lebih dari 2.000 orang meninggal setiap hari.

Kondisi gelombang tsunami COVID-19 di India begitu parah sampai-sampai rumah sakit (RS) tak bisa lagi menampung pasien. Terjadi juga krisis suplai oksigen medis dan obatan-obatan.

Dalam sebuah rekaman suara wawancara dengan BBC, seorang dokter di India mendeskripsikan kondisi memprihatinkan para pasien yang ditolak RS. Kebanyakan orang harus mencari sendiri suplai oksigen medis yang langka dan kini harganya melambung tinggi sampai 10 kali lipat.

"Banyak orang megap-megap kekurangan oksigen, mereka minta dirawat di RS karena saturasinya terus turun. Tapi kami tidak bisa memberikan itu dan akhirnya mereka sekarat. Saya tidak ingin membandingkan, tapi rasanya seperti Anda melihat bila ikan dikeluarkan dari air," kata sang dokter seperti dikutip dari BBC, Senin (26/4/2021).

"Situasinya persis seperti itu. Dengan orang-orang kesulitan oksigen akhirnya meninggal di jalanan," lanjutnya.

Sumber:detik.com
Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh