Pemuda dan Mahasiswa Matangkuli Buka Pendaftaran Program Kampoeng Alquran Angkatan ke - 2

Pemuda dan Mahasiswa Matangkuli Buka Pendaftaran Program Kampoeng Alquran Angkatan ke - 2

Aceh Utara, Acehbisnis - Ikatan Masyarakat Pelajar Matangkuli (IMPELMA) Banda Aceh bersama Remaja Mesjid Al - Khalifah Ibrahim Matangkuli, Pc RTA Aceh Utara dan beberapa Pemuda dan Mahasiswa Matangkuli secara bersama kembali menggelar Program Kampoeng Al-Quran Tahun 202, Selasa (19/03/21).

Program Kampoeng Al-Quran yang dilangsungkan 20 hari selama Covid di bulan Ramadhan 1442H nanti akan digelar dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Secara terpisah Ketua umum Impelma Banda Aceh, Rifki Ismail.S.Ag, mengatakan bahwa Program Kampoeng Alquran Tahun 2021 tersebut merupakan kegiatan spesial edisi ramadhan angkatan ke 2 yang sempat tertunda dilaksanakan pada ramadhan 1441 H tahun lalu, akibat Sedang mewabahnya pademi covid 19.

Dijelaskan, bahwa kampoeng Alquran yang telah diluncurkan pada 2019 dengan mewisudakan ratusan santri pengahfal Alquran tersebut yang begitu meriah di malam Idhul Fitri 1440H. kegiatan tersebut disambut baik seluruh masyarakat Matangkuli dan sekitarnya serta mendapat dukungan yang luar biasa dari Remaja Mesjid serta para pemuda dan mahasiswa lainnya.

Sementara itu, Tgk. M. Jafar Sulaiman selaku ketua Remaja M esjid Besar Al-Khalifah Ibrahim didampingi Tgk. T. Zulfadli Hasan menyampaikan bahwa sangat mengapreasiasi dan siap mendukung keberlangsungan kegiatan Kampoeng Alquran, sehingga diharapkan mampu mencetak kader terbaik penghafal Alquran, para qari dengan seni baca Alquran yang indah agar senantiasa selalu bersemangat dalam mensyi'arkan Islam.

"Kegiatan ini kita fasilitasi untuk semua kalangan, bahkan edisi spesial ramadhan kali ini kita gratiskan untuk Anak yatim yang tentu juga menfasilitasi kepada mereka senantiasa juga mendapatkan fasilitas pendidikan yang baik di bulan ramadhan sama seperti anak-anak lain pada umumnya" Tambah M. Jafar Sulaiman.

Ketua Panitia Pelaksana, Tgk. Hafiz Al Mansuri yang juga merupakan ketua Pc RTA Aceh Utara melaporkan bahwa pendaftaran peserta Kampoeng Alquran Angkatan tahun 2021 sudah dibuka mulai 19 Maret hingga 10 April 2021 dengan khusus membuka kelas Tahsin Qiraan dan Tahfidz Al-Quran.

"Kegiatan program Kampoeng Alquran yang akan berlangsung mulai pada 5 Ramadhan hingga 25 Ramadhan 1442 H ini akan dimbimbing Oleh Qari/Qoriah Nasional, para Hafidz dan Hafidzah penghafal 30 Juz Alquran, Diantaranya Tgk. Aiyub, peraih Juara 1 MTQ Virtual se Indonesia. Tgk. Ambia, Qori Provinsi Aceh, Tgk. Hafiz Al Mansuri sebagai Qori Nasional, Tgk. Idayati sebagai Qoriah Provinsi Aceh, Tgk. Katrun Niza sebagai Hafizah 30 juz dan beberapa.depan guru hebat lainnya" Ujar Hafiz Al Mansuri

Ketua Koordinator Dewan Pengajar, Tgk. Aiyub Yakob mengatakan pihaknya akan melakukan musyawarah bersama seluruh guru yang akan dipercayakan mengajar di Kampoeng Alquran, dengan metode yang mudah dan tepat digunakan dalam melancarkan hafalan dan bacaan santri

"Selain guru juga kita membutuhkan mentor, mentor inilah nanti yang akan memandu evaluasi pengawasan pengembangan santri dan ikut serta membimbing hingga malam wisuda nanti" Ujar tgk Aiyub

"Kita Harus dukung program mulia ini, kami juga beraharap dukungan dari semua pihak agar hadir sebagai pengawal dan penggerak dalam menyelamatkan generasi millenial di era Revolusi Industri 4.0 agar senantiasa selalu dekat dengan Alquran yang insyaallah akan memberi keberkahan untuk Matangkuli dan Aceh pada umunya." Tutup Rifki