Pemkab Aceh Barat Raih Anugerah Perencanaan Prof. A. Madjid Ibrahim ke VIIĀ 

Pemkab Aceh Barat Raih Anugerah Perencanaan Prof. A. Madjid Ibrahim ke VII 

Meulaboh, Aceh Bisnis - Pemerintah kabupaten Aceh Barat kembali menerima penghargaan Anugerah Perencanaan Prof. A. Madjid Ibrahim ke VII Tahun 2021 yang diterima langsung oleh Bupati Aceh Barat H. Ramli MS di Hermes palace hotel Banda Aceh, Senin 5/04-21

Bupati Aceh Barat ini mengatakan sangat bersyukur atas prestasi yang diperoleh nya. Ini menunjukkan bahwa pemkab Aceh Barat telah melaksanakan sistem perencanaan yang sesuai dengan amanat permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

"Ini menjadi bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam menyusun perencanaan pembangunan yang tertuang dalam dokumen RKPD Kabupaten Aceh Barat Tahun 2021 yang mengakomodir seluruh proses dan tahapan perencanaan, baik dari sisi proses pendekatan perencanaan yang meliputi aspek Bottom up (musrenbang), top down (Keselarasan dengan Progran Nasional dan Provinsi, Aspek Politis dan Aspek teknokratik yang sesuai dengan visi misi bupati Aceh Barat maupun dari sisi keselarasan dari implementasi perencanaan pembangunan yang terangkum kedalam dokumen APBK tahun 2021," ujarnya.

Lebih lanjut Ramli MS mengatakan bahwa pencapaian hasil penilaian ini sendiri dilaksanakan dalam 3 tahapan, yang terdiri dari Tahap penilaian kualitas dokumen, tahap wawancara dan tahap verifikasi lapangan.

"Dimana pada tahap ke tiga ini, salah satu aspek yang dilakukan verifikasi  oleh tim penilai dari provinsi adalah verifikasi inovasi pembangunan, yang mana Pemkab Aceh Barat pada tahun 2021 mengusung inovasi yang digagas oleh Disdukcapil Aceh Barat yaitu Aklqmqsi Dansa (Akte Kelahiran dan Kematian berbasis Dana Desa)," terangnya.

Ia berharap agar Pemkab Aceh Barat termasuk kedalam salah satu Kabupaten se Indonesia yang dinominasikan untuk memperoleh penghargaan terbaik tingkat nasional.

"Dimana pada proses penilaian penghargaan tingkat nasional ini, Pemkab Aceh Barat telah melalui 2 tahapan pernilaian diselenggarakan oleh Bappenas RI, dan berhasil masuk kedalam 10 besar kabupaten calon penerima penghargaan perencanaan pembangunan yang dilaksanakan melalui kegiatan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021, dirinya terus melakukan koordinasi dengan dinas terkait agar bisa meraih predikat di tingkat nasional," tandasnya.