Pemkab Aceh Barat Akan Gratiskan Pupuk Bagi Petani

Pemkab Aceh Barat Akan Gratiskan Pupuk Bagi Petaniacehbisnis.com
Babinsa membantu petani memupuk tanaman padi di Desa Batu Bedulang, Bandar Pusaka, Aceh Tamiang.

Meulaboh, Aceh Bisnis - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat memastikan akan menggratiskan pupuk kepada ribuan petani di daerah ini, sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di tengah pandemi COVID-19.

“Pupuk gratis yang akan kita berikan ini, sebagai upaya untuk meningkatkan swasembada beras di Aceh Barat,” kata Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS di Meulaboh, Senin.

Menurutnya, pupuk bantuan yang akan diberikan tersebut bertujuan agar panen padi milik petani di daerah tersebut akan mengalami peningkatan pada tahun 2021.

Sejak tahun 2018 hingga 2020 lalu, jumlah panen padi setiap musim tanam mencapai sekitar 45 ribu ton atau sekitar 80 ribu ton setiap tahunnya.

Ada pun luas areal sawah di Aceh Barat mencapai 10.153 hektare, kata Ramli MS.

Dengan pemberian bantuan pupuk dan bibit padi secara gratis tersebut, kata dia, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berharap jumlah hasil panen padi pada tahun 2021 ini semakin meningkat.

“Kalau pada tahun 2020 lalu bisa mencapai 80 ribu ton setiap tahun, tahun ini kita targetkan jumlah panen padi mencapai diatas 90 ribu ton hingga 100 ribu ton pertahun,” kata Ramli MS menegaskan.

Untuk itu, ia berharap bantuan yang akan diberikan kepada petani tersebut, diharapkan dapat digunakan dengan baik, guna meningkatkan hasil produksi pangan di masyarakat, katanya, menungkapkan.

Sumber:Antaraaceh