Pemkab Abdya Sesuaikan Anggaran Selama Covid-19

Pemkab Abdya Sesuaikan Anggaran Selama Covid-19
Pemkab Abdya Gelar Musrenbang Kabupaten.(Istimewa)

Blangpidie, Aceh Bisnis - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Kantor Bappeda setempat menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022.

Dalam kesempatan itu, Bupati Abdya Akmal Ibrahim mengharapkan, melalui kegiatan ini, pihaknya dapat menerima masukan dari para pemangku kepentingan mulai dari Gampong, Kecamatan hingga Kabupaten.

"Saat ini, Pemkab Abdya harus menyesuaikan anggaran selama Pandemi Covid-19 sesuai dengan arahan pemerintah pusat,"kata Akmal di Aula Killa Kantor Bappeda setempat, Rabu (31/03/2021) di Blangpidie.

Ia juga menjelaskan, Pemkab Abdya diwajibkan untuk mengalokasikan penanganan Covid-19 hingga 8% dari Dana DAU, selanjutnya kewajiban pengalokasian anggaran sesuai dengan amanah Undang-Undang diantaranya bidang pendidikan 20%, kesehatan 10%, pengalokasian ADD 10% dan dana lainnya.

Dikatakannya, penyelarasan dan pengintegrasian rencana pembangunan, tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional wajib dilakukan untuk menyikapi ketersediaan dan keterbatasan anggaran yang dimiliki.

Sementara itu, Kepala Bappeda Abdya, Firmansyah menyampaikan, dalam perencanaan pembangunan Abdya, tujuan yang akan dicapai sesuai dengan Visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten (RPJMK) Aceh Barat Daya Tahun 2017-2022 yaitu "Bersama Kita Wujudkan Aceh Barat Daya Yang Sejahtera dan Islami".

"Sejumlah prioritas pembangunan diantaranya peningkatan PAD dan ZIS, pengembangan akses dan jaringan pasar, peningkatan kualitas Infrastruktur publik dan pelayanan dasar, peningkatan mutu pendidikan dan layanan kesehatan, peningkatan implementasi syariat Islam serta peningkatan indeks reformasi birokrasi daerah,"pungkasnya.()