Pemkab Abdya Kerahkan 40 Unit Traktor 4 WD untuk Garap Sawah

Pemkab Abdya Kerahkan 40 Unit Traktor 4 WD untuk Garap Sawah
Foto: Yusnizar

Blangpidie - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Kabupaten setempat menghadapi Musim Rendengan dan Gadu Tahun 2019-2020, mengerahkan 40 unit traktor 4 WD untuk mengolah tanah sawah di seluruh Kecamatan di daerah itu.

Sukardi, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pertanian Distanpan Kabupaten Abdya kepada AcehBisnis Sabtu (1/2/2020) mengatakan, untuk mendukung kelancaran pengolahan sawah itu, selain 40 Traktor 4 WD itu yang disebar di seluruh Abdya juga ditambah traktor milik kelompok.

"Alhamdulillah, sebagian sawah-sawah di Abdya sudah mulai di olah tanah. Dengan traktor itu sudah sangat terbantu ditambah juga traktor milik kelompok tani, artinya pengolahan tanah tetap maksimal dan sesuai target,"ucap Sukardi.

Ia menjelaskan, sebenarnya kemampuan dasar traktor mengolah tanah areal persawahan untuk 1 traktor seluas 45 ha/enam bulan atau 90 ha/tahun tapi itu belum memadai dilakukan karena berbagai kendala di lapangan.

Sukardi mengaku ongkos garap tanah di Abdya bisa dibilang sangat murah jika dibandingkan daerah lain yakni mencapai Rp600.000/Ha. Kenapa murah karena PAD dikecilkan dari ongkos garap sawah. Hanya Rp 50.000/Ha diambil.

"Sementara untuk areal persawahan milik janda miskin yang terdapat di sembilan kecamatan dan memelihara anak yatim. Ongkos olah sawah tidak diambil,"demikian Sukardi.()