Pemerintah Aceh Pesan Tiga Kapal Roro

Pemerintah Aceh Pesan Tiga Kapal Roro
Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, didampingi Sekda Aceh, Taqwallah, serta Kadishub Aceh, Junaidi, saat melakukan peninjauan langsung ke galangan pembuatan Kapal Aceh, di Sei Raya, Meral, Kabupaten Karimun, Prov. Kepulauan Riau.(Ist)

Banda Aceh - Pada Oktober 2019 lalu, Pemerintah Aceh telah memesan 3 unit kapal roro untuk melayani rute pelayaran di tiga pulau di Aceh, yaitu Singkil - Pulau Banyak, Balohan Sabang - Pelabuhan Ulee Lheu dan Lintasan Barat ke Pulau Simeulue.

Tiga kapal ferry roro yang dipesan Pemerintah Aceh, masing-masing berkapasitas 1.300 GT, kapal yang diberi nama Aceh Hebat 1 ini dikerjakan oleh PT MOS. Kapal ini akan melayani rute Labuhan Haji - Simeulue atau Kuala Bubon - Simeulue demikian pula sebaliknya.

Sedangkan Aceh Hebat 2 yang memiliki bobot 1.100 GT, dikerjaakan oleh PT Adiluhung Saranasegara di Bangkalan, dan akan melayani pelayaran dari Singkil ke Pulau Banyak.

Terakhir, Aceh Hebat 3 yang berbobot 600 GT dikerjakan oleh PT Citra Bahari Shipyard di tegal, akan melayani rute Ulhee Lheue ke Balohan.

Saat menghadiri keel lying atau peletakan lunas tanda dimulainya pembangunan ketiga kapal Aceh Hebat ini di Bangkalan Madura. Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menjelaskan, penabalan Aceh Hebat pasa ketiga kapal pesanan Pemerintah Aceh ini sesuai dengan manifestasi dari visi misi pemerintahan Aceh.

Nova meyakini, penabalan nama Aceh Hebat dapat memacu semangat Pemerintah Aceh untuk benar-benar mewujudkan visi misi Aceh Hebat.

KMP Aceh Hebat merupakan hasil dari program pengadaan kapal ferry roro di bawah Dinas Perhubungan Aceh dengan anggaran Rp.178 milliar. Kapal itu diplot untuk pengingkatan konektivitas antar pulau di Aceh.

Pengadaan 3 kapal ini merupakan bagian dari program khusus untuk peningkatan konektivitas antar kepulauan melalui program tol laut, seauai dengan program Presiden Joko Widodo dalam mengoptimalkan sektor kemaritiman Indonesia.

"Program ini sangat penting bagi Aceh, sebab daerah kami termasuk wilayah yang memiliki kawasan laut yang cukup luas," kata Nova saat itu.

Dalam kunjungan ke PT MOS di Tanjung Balai Karimun ini, Plt Gubernur turut didampingi Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, Inspektur Aceh Zulkifli, Kepala Dinas Perhubungan Aceh Junaidi dan Kepala Biro Humas dan Protokol Muhammad Iswanto.(adv)