Pembangunan Merata ke pelosok Daerah, Proyek Multiyears Harus Dilanjutkan

Pembangunan Merata ke pelosok Daerah, Proyek Multiyears Harus Dilanjutkan
Isra Fu'addi

Simeulue, Aceh Bisnis - Ketua umum Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Simeulue (IPPELMAS) Banda Aceh, Isra Fu'addi mengatakan, proyek multiyears harus tetap dilanjutkan untuk mewujubkan pembangunan yanh merata ke seluruh pelosok daerah di Aceh.

Ia mengatakan, proyek multiyears adalah bagian dari sila ke lima pancasila yaitu mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. 

"Akses jalan yang bagus adalah impian masyarakat di pelosok daerah,"kata Isra kepada wartawan Aceh Bisnis di Banda Aceh, Selasa (15/09/2020)

Menurut dia, hal itu harus segera di wujudkan melalui proyek multi years untuk percepatan pembangunan secara merata. seperti halnya masyarakat Simeulue yang sudah lama menantikan jalan yang layak dan bagus sehingga memudahkan laju ekonomi dan pembangunan dikepulauan itu sendiri, maka proyek multi years ini harus dilanjutkan

Melalui proyek multi years, kata dia, pembangunan jalan lingkar Simeulue ruas Sinabang-Sibigo telah dianggarkan sebanyak Rp 83 miliar. Sedangkan ruas jalan Nasreuhe-Langi-Sibigo senilai Rp 165 miliar. Sementara untuk pembangunan irigasi Sigulai, anggaran sebesar Rp 183 miliar.

"Jika ini dibatalkan, masyarakat Simeulue sangat kecewa,"ucap Isra.

Ia juga menambahkan, kalau kita melihat item-item dalam proyek multy years, jelas ini merupakan lanjutan dari proyek Ladia Galaska yang sangat dirindukan oleh seluruh Rakyat Aceh. Bedanya jika Ladia Galaska di dukung oleh DPR Aceh, Gubernur Aceh hingga Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah pada saat itu, proyek multy years ini justru ditolak oleh DPR Aceh saat ini.

"Ada apa dengan DPR Aceh? Ini murni harapan masyarakat, tolong kesampingkan ego sektoral dan kepentingan politik semata. Jangan hambat laju pembangunan, masyarakat pelosok daerah juga ingin merasakan manisnya kemerdekaan,"tegas mahasiswa Hukum Tata Negara Uin Ar-raniry ini.

Ia berharap PLT Gubernur Aceh agar tetap melanjutkan proyek tersebut. Gubernur bisa melanjutkan proyek tersebut dengan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub), apalagi dari 12 paket dengan skema multi years itu digunakan untuk peningkatan jalan antar daerah. Sehingga bisa membuka akses keterisolasian masyarakat pedalaman, baik untuk meningkatan ekonomi masyarakat  maupun memberi kemudahan dalam arus transportasi rakyat.()