Pekerjaan Pengembangan Pelabuhan Balohan Sabang Capai 86 Persen

Pekerjaan Pengembangan Pelabuhan Balohan Sabang Capai 86 Persen
Salah satu bangunan yang dibangun dalam pengembangan infrastruktur Pelabuhan Penyeberangan Balohan di Sabang, Jumat (24/1/2020). (ANTARA/Khalis)

Banda Aceh - Pekerjaan pengembangan infrastruktur Pelabuhan Penyeberangan Balohan Kota Sabang Provinsi Aceh saat ini mencapai 86 persen dan diperkirakan rampung pada pertengahan 2019.

"Pengembangan Pelabuhan Balohan itu hari ini sudah mencapai 86 persen kemajuannya," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Razuardi di Banda Aceh, Sabtu.

Dia menyebutkan progres pembangunan Pelabuhan Balohan tersebut meliputi beberapa infrastruktur seperti dermaga, teriminal, lanskap, ruang tunggu, serta infrastruktur lainnya.

Menurut dia, pengembangan pelabuhan dilakukan guna meningkatkan pelayanan pelabuhan. Proyek yang tergolong dalam prioritas nasional ini bersumber dana dari APBN sebanyak Rp215 miliar, melalui BPKS.

"Kami sudah mengadakan rapat, di bawah koordinasi Dinas Perhubungan Aceh untuk (membicarakan) sistem pengelolaannya," katanya.

Razuardi menjelaskan pekerjaan pelabuhan itu dilakukan dengan sistem tahun jamak. Sebenarnya pekerjaan ini telah rampung pada 2019, jika waktu pengerjaan dimulai pada 2017.

Namun, tambah dia, karena dimulai pekerjaan pada pertengahan 2018 maka waktu pengerjaan ditambah hingga 2020.

"Insya Allah pertengahan tahun ini (selesai), karena tinggal sedikit lagi, sekitar 15 persen lagi pengerjaannya," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Sabang telah melakukan rapat bersama Pemerintah Aceh melalui Dinas Perhubungan Aceh serta Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) terkait pengelolaan Pelabuhan Balohan.

Pemkot Sabang menyatakan kesiapannya mengelola Pelabuhan Penyeberangan Balohan Sabang, dalam upaya meningkatkan pelayanan publik.

"Kami siap (mengelola Pelabuhan Balohan), karena tanggung jawab kita dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat," kata Asisten II Setda Kota Sabang Kamaruddin di Sabang.