Disperindag Bersama Bulog Aceh Gelar Pasar Murah Serentak di Seluruh Aceh Saat Wabah Covid-19

Disperindag Bersama Bulog Aceh Gelar Pasar Murah Serentak di Seluruh Aceh Saat Wabah Covid-19
Foto: Istimewa

Aceh Besar, Acehbisnis.com - Pemerintah Aceh melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat bekerjasama dengan Bulog Aceh mengelar pasar murah serentak di seluruh wilayah Provinsi Aceh saat Provinsi itu dilanda Covid-19.

Pasar murah yang dibuka langsung oleh Dyah Erti Idawati, Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Aceh di halaman Masjid Maharaja Gurah, Kecamatan Peukan Bada kabupaten Aceh Besar, Selasa (13/05/2020) berkerjasama dengan Bulog Aceh.

"Hingga tiga hari ke depan kegiatan ini akan dilangsungkan di lokasi yang berbeda," ujar Dyah Erti saat membuka secara resmi gelaran pasar murah.

Ia berharap pasar murah yang diselenggarakan pemerintah tersebut bisa menghasilkan daya guna yang maksimal. "Artinya, mereka yang membeli adalah masyarakat dari kalangan ekonomi menengah ke bawah sehingga manfaatnya betul-betul dirasakan masyarakat,"kata dia.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Muslem Yacob mengatakan, pasar murah ini dilaksanakan di seluruh Aceh.

"Hanya saja Kabupaten Simeulue tidak diselenggarakan pada hari ini, karena pelaksanaannya disesuaikan dengan jadwal kapal yang berlayar ke pulau tersebut,"jelasnya.

Ada empat komoditi yang dijual di pasar murah berupa beras 10 kg yang dijual Rp.85 ribu, minyak goreng isi 2 liter yang dijual Rp.24 ribu, tepung terigu Rp.7 ribu dan telur Rp.28 ribu per papan.

"Harga itu sepenuhnya sudah disubsidi oleh pemerintah. Besaran subsidinya, beras, tepung dan minyak goreng seharga Rp.3 ribu dan telor Rp.250 per butirnya,"pungkasnya.

Pemimpin Perum Bulog Kantor Wilayah Aceh, Irsan Nasution di Banda Aceh menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Aceh khususnya Disperindag Aceh yang telah mempercayakan pihaknya sebagai pihak untuk penyedia pangan dalam kegiatan pasar murah.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang ada di seluruh titik pelaksanaan pasar murah,”ujar Irsan.()