Pantangan Asam Urat: Makanan dan Sayuran

Pantangan Asam Urat: Makanan dan Sayuran
Foto: Istimewa

Jakarta, Aceh Bisnis - Pantangan asam urat berasal dari makanan. Asam urat atau gout adalah penyakit yang disebabkan karena terlalu banyak asam urat yang menumpuk dan membentuk kristal di persendian. Sehingga menyebabkan rasa sakit yang parah dan pembengkakan pada persendian.

Kondisi ini paling sering mengenai jempol kaki, tetapi juga dapat terjadi pada pergelangan kaki, tangan, pergelangan tangan atau siku. Menurunkan kadar asam urat melalui diet dapat membantu mengelola asam urat dengan lebih efektif.

Menurut Health US News menyebutkan, asam urat disebabkan oleh kondisi yang disebut hiperurisemia yang ditandai dengan terlalu banyak asam urat di dalam tubuh yang dihasilkan dari pemecahan purin, senyawa kimia tak berwarna yang ditemukan di dalam tubuh dan dalam makanan.

Ketika ada terlalu banyak asam urat dalam tubuh, kristal asam urat atau monosodium urat dapat menumpuk di persendian, cairan dan jaringan. Asam urat yang berlebihan di dalam tubuh juga dapat menyebabkan serangan asam urat atau flare yang dapat berlangsung berhari-hari atau berminggu-minggu.

Berikut ini pantangan asam urat dari makanan dan sayuran yang perlu dihindari:

1. Alkohol

Alkohol mengandung tinggi purin. Penelitian yang mengevaluasi konsumsi anggur, bir dan minuman keras menunjukkan bahwa sebaiknya batasi konsumsi alkohol apa pun. Baik untuk mengurangi risiko serangan asam urat berulang.

2. Soda

Minuman ringan yang mengandung gula seperti soda, minuman olahraga dan jus jeruk tidak baik dikonsumsi untuk orang dengan kadar asam urat tinggi. Meskipun ada banyak perdebatan tentang apakah pemanis buatan dalam soda diet sebenarnya lebih baik daripada gula.

3. Seafood

Pantangan asam urat dari makanan salah satunya adalah seafood. Mengurangi makanan laut selama serangan asam urat terjadi bisa membantu. Bahkan selama remisi, asupan makanan laut tertentu harus dibatasi.

Dikutip dalam Pharmacy Times, penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa pasien dengan asam urat harus menghindari kerang, teri, sarden, herring, remis, kerang, udang, lobster kepiting hingga tuna.

4. Daging tertentu

Daging terutama organ dalam hewan atau jeroan mengandung tinggi purin. Senyawa purin dapat meningkatkan kadar asam urat yang kemudian menumpuk di persendian dan menyebabkan gejala asam urat yang menyakitkan.

Contoh daging yang harus dihindari pasien asam urat adalah bacon, kalkun, daging sapi muda, daging rusa dan daging organ dalam seperti hati, ginjal atau babat.

5. Sayuran

Sayuran sebenarnya sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan tubuh. Akan tetapi beberapa jenis sayuran menjadi pantangan penderita asam urat. Asparagus, kembang kol, bayam, kangkung dan jamur mengandung tinggi purin sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah besar.

Sumber:detik.com